Friday, November 16, 2018

Belajar Transportasi di Jepang - part2

Ok lanjut ya moga bisa membantu agan2 dalam merencanakan perjalanan ke jepang.

3. Shinkansen

Jika agan menggunakan JRPASS maka agan bisa naik gratis Shinkansen (kecuali Nozomi) untuk keterangan lengkap  [klik disini], kalau tidak pakai JRPASS maka agan harus beli tiket dulu dimesin atau di kantor JR. Nah ada 2 tipe kursi yaitu reserved seat dan non-reserved seat, reserved seat ini bisa DIPESAN/DIBELI 30hari sebelum tgl keberangkatan dan yang punya JRPASS hanya bisa memesan lewat kantor JR yang ada disetiap stasiun2 besar.



Karena aku menggunakan JRPASS maka 3 hari sebelum ke Tokyo aku sudah melakukan reservasi tempat duduk (reserved seat) dan dapat tiket seperti gambar dibawah ini

Tiket Reserved Seat Shinkansen Hikari 514

Penjelasan :

  1. Dari Shin-osaka ke Tokyo
  2. Tiket hanya bisa dipakai tanggal 5 november
  3. Jam berangkat kereta 9.16 dan sampai 12.10 (agan sudah ada di platform jam 8.30)
  4. Nama Shinkansen HIKARI 514
  5. CAR 14 ini artinya gerbong no.14 (bukan platform ya)
  6. SEAT 10-C artinya kursi no.10 C
Untuk masuk ke gate shinkansen maka untuk yang menggunakan JRPASS tinggal memperlihatkan JRPASS tersebut dikantor sebelah gate, untuk tiket tidak ditunjukan karena kegunaannya hanya untuk kita tau jam berapa kita berangkat, gerbong brp dan kursi nomor berapa (lihat penjelasan diatas). Nah bagi yang membeli tiket Nozomi tetap harus masuk gate dan masukin tiket ke mesin gate agar terbuka dan agan bisa lewat.

Untuk memilih jam keberangkatan kita bisa menggunakan hyperdia [klik disini] seperti contoh dibawah ini, misal kita cari jadwal tokyo-osaka jam 7 pagi maka isi seperti dibawah ini.

Hyperdia

Untuk agan yang menggunakan JRPASS maka Nozomi tidak boleh maka optionnya diganti seperti dibawah ini


maka nanti akan muncul rute-rute Shinkansen seperti gambar dibawah ini.


Penjelasan :
  1. Menunjukan Jam berapa kita naik kereta Shinkansen, di Platform/track No.14
  2. Nama Shinkansen HIKARI 465
  3. waktu kita sampai di Shin-Osaka
  4. ada juga lama perjalanan 177 menit
  5. dan jika kita beli tiket harganya 8.750 yen dan bisa Reserved seat
Untuk yang mau menggunakan kereta Shinkansen Nozomi maka optionnya harus dicetang seperti gambar dibawah ini


Maka rute-rute Shinkansen Nozomi akan keluar dan dapat agan pilih seperti dibawah ini


Penjelasan :
  1. Menunjukan Jam berapa kita naik kereta Shinkansen, di Platform/track No.17
  2. Nama Shinkansen NOZOMI 213
  3. waktu kita sampai di Shin-Osaka
  4. ada juga lama perjalanan 153 menit
  5. dan jika kita beli tiket harganya 8.750 yen dan bisa Reserved seat

Harap ingat bahwa jadwal shinkansen tepat waktu bahkan untuk 1 menit saja, Kereta tidak akan tunggu lama jadi datang lah 30menit sebelum jam yang tertera di tiket. Tapi misal kita telat ya sapa tau ada halangan nah kita bisa mengunakan kereta dengan jadwal selanjutnya TAPI kita harus ke gerbong yang non-reserved seat biasanya sih gerbong depan 1-5 ada tulisan Non-reserved, nah karena sifat nya tidak dipesan maka sistem nya rebutan kursi tapi ya ini gak kayak rebutan mangga ya jadi tetap teratur gitu asal mulai cari dari gerbong depan trus susuri gerbong sampai ketemu kursi kosong, tapi misalnya juga gak ketemu ya agan harus berdiri sampai agan berdoa ada yang turun di stasiun berikutnya ^_^.

Untuk mengetahui platform shinkansen yang akan kita naiki ini bisa dilihat dilayar besar setelah gate masuk, lihat aja nama kereta kita dan jam-nya nanti di cars nomor 24 misalnya nah tinggal kita cari saja platform no 24 dan cars 10-16 (sesuai di tiket kita).


Penutup

Mudah2 dengan penjelasan ini maka agan bisa mengerti tentang transportasi di jepang. Sebenarnya masih banyaj dan masih rumit tentang perkeretaan dijepang tetapi aku bahas yang aku pernah rasakan aja supaya gak salah.

Baca juga :
Baca juga perjalanan kami :

Artikel Terkait..

No comments:

Post a Comment