Thursday, November 8, 2018

2 tahun Persiapan untuk ke Jepang

Banyak yang bertanya kenapa aku kok lama sekali persiapan ke jepangnya? Ya simple sih karena waktu itu buta bener tentang jepang mulai dari sisi transpotasi, hotel dan yang lainnya.

Maka mulai tahun 2016 aku mulai belajar tentang jepang yaitu :

1. Transportasi

Map Tokyo Subway

Seperti yang kita ketahui jepang ada salah satu yang mempunyai sistem perkeretaan yang sangat terintegrasi dengan baik dan sangat tepat waktu. Jadi pertama kali aku lihat map jalur subway diatas wah langsung pusing 7 keliling ini gimana cara bacanya. Karena banyak sekali perusahaan2 swasta yang mempunyai jalur sendiri dan ditambah lagi pemerintah jepang punya BUMN yaitu perusahaan JR yang mempunyai jalur tersendiri juga.

Setelah dihitung dgn kalkulator JR [klik disini] ternyata jika aku beli JRPASS dari indonesia maka nilainya balik modal/tidak rugi, maka mulailah belajar jalur JR dan enaknya pakai JRPASS itu adalah kita akan gratis naik semua kereta JR dan shinkansen (kecuali NOZOMI). Tetapi jika anda tidak mau pakai JRPASS juga tidak apa2 karena masih bisa mengunakan IC Card (suica,pasmo,icoca dll) atau tiket ketengan. IC Card ini sama sepertu ezlink singapura ataupun octopus card hongkong jadi bisa DI PAKAI UNTUK SEMUA MODE TRANSPORTASI baik itu jalur JR maupun jalur swasta (ada beberapa sih yang gak bisa tapi sedikit kok).

Jadi gak usah binggung dengan istilah JRPASS karena JRPASS sendiri hanya salah satu paket yang disediakan oleh pihak jepang untuk mempermudah kita naik transportasi mereka, ada banyak sekali paket2 yang disediakan seperti Tokyo wide pass, Kintetsu rail pass, Kansai Thru pass dan masih banyak lagi dan ini disesuaikan dengan kebutuhan dan dihitung balik modal atau tidak.

Baca : Transportasi di jepang


2. Hotel

source : agoda

Hotel dijepang itu super mahal dan karena kami rombongan ada anak2 jadi harus mencari kamar yang triple room gitu dan ini susah2 gampang, pertama mau hemat cari kamar double gitu terus tidur kumpul 4 orang eh ternyata setelah cari info tidak boleh karena sistem hotel dijepang itu hitung per-kepala bukan per-kamar jadi kalau pesan kamar double bayar 2 orang dan yang datang 3 orang maka orang yang ketiga tetap harus bayar, biarpun gak nambah extra bed lho ^_^. Sempat berpikir untuk mencari hostel tetapi gak bisa juga karena seperti yang kita tau bahwa kamar mandi-nya bersama jadi tidak cocok dengan keluarga kami.

Pilihan selanjutnya adalah menginap di apartment dan ini banyak pilihanya dan kalau dihitung jatuhnya lebih murah dari hotel tetapi karena kami rombongan terdiri dari 3 keluarga yang berbeda jadi butuh sedikit privasi, 1 apartment ada yang 3 kamar ada jg yg 4 kamar jd tergantung kebutuhan.

Akhirnya setelah mencari dengan sabar, terfilter juga dapat beberapa hotel yang muat untuk kami keluarga besar tetapi tetap budget masuk hehe. Pertama tertarik sama hotel Sakura Ikebukuro tempat nya strategis dari station kira2 jalan 10menit, terus Fresya Sontetsu hotel murah sih tapi agak jauh dari tokyo, hotel Mystay Ueno East dan akhirnya mantap pilih Tokyo plaza Hotel daerah shin okubo (korean town) ini nanti ada review tersendiri.

Review : Tokyo plaza hotel [Segera]


4. Iternary (jadwal selama di jepang)

Nah ini penting banget harus di buat, seperti yang kita tau dijepang itu on time, kereta itu gak ada yang namanya telat semua serba tepat waktu biarpun hanya 1 menit, jadi jangan heran disana kita bisa memprediksikan waktu perjalanan dengan baik. Jadwal ini sudah beribu kali aku ubah2 karena pertama mau nya menjelajah banyak tempat tetapi setelah dipikir bawa ortu dan anak jadi diubah lagi, seperti kiyimizudera setelah riset ternyata nanjak jalannya dan ini takutnya rombongan gak kuat jadi diubah ke gion aja. Dan pertama pinginnya dari narita langsung ke osaka dan kemudian ke tokyo tetapi setelah lihat tanggalan kok di disney jatuh hari minggu jadi diubah lagi.

Kawaguchi lake sudah masuk list tetapi setelah riset ternyata hakone lebih cocok untuk ortu dan anak2 lebih fun karena kita bisa naik cable car, ropeway dan pirate ship.

Disneysea juga aku pilih karena memang ini hanya ada 1 didunia, memang wahana didalamnya lebih untuk anak2 remaja gitu tetapi karena sudah pernah lihat disneyland di hongkong jadi aku putuskan tetap ke disneysea.

Tips : cara membuat Iternary jepang [Segera]


5. Tempat wisata 

Jepang adalah salah satu negara yang mempunyai tempat wisata yang sangat bagus2 dan dipersiapkan dengan baik oleh pemerintah disana, makanya pertama binggung juga pilih mau kemana saja. Pilihan untuk first timer (pendatang pertama kali) biasanya adalah Tokyo-osaka-kyoto ini adalah 3 kota dengan spot wisata yang sangat digemari oleh turis indonesia.

Nah untuk 3 kota itu aja banyak banget yang bisa kita jelajahi, untuk lengkapnya tinggal nanya aja sama om google ya. Tetapi karena keterbatasan waktu dan bawa ortu dan anak2 akhirnya aku pilih yang akses mudah dan juga tidak membuat anak2 crangki, tidak antri yang panjang juga. Antara lain untuk tokyo Harajuku, odaiba, hakone dan kyoto hanya fushimi inari dan gion area saja, untuk osaka yaitu osaka castle, Hep five ferries wheel dan Umeda sky building aja dan ini aja kaki dah gempor haha..

Ini milihnya sesuai dgn kesukaan agan aja, ada yang suka datang foto2 trus langsung jalan, ada juga yang 1 spot itu lama bisa 1 jam tapi aja juga yang hanya foto gerbangnya aja hehe... Jadi sesuai selera agan2 aja.


Penutup

Itu adalah persiapan aku selama 2 tahun, dan harus detail karena aku mau meminimalkan tersesat dan tidak tau apa2. Dengan kemampuan bahasa inggrisku ya jelek banget dan ditambah disana juga banyak yang tidak bisa bahasa inggris maka banyak detail2 yang aku persiapkan agar sampai sana tidak binggung.

Baca juga :

Baca juga perjalanan kami :

Artikel Terkait..

No comments:

Post a Comment