Friday, May 4, 2018

Naik Taxi dari Johor Bahru ke Singapura

Sebelum ke johor aku sudah riset terlebih dahulu cara pergi ke singapura dari johor bahru, dan memang ada 2 cara yaitu naik Bus dan Taxi. Kalau naik Bus ini murah banget tetapi proses nya agak ribet dan lama apa lagi jika kita membawa anak dan koper wah gak kebanyang ribet dan capek nya. 

Karena itu aku putuskan memilih naik taxi resmi dari Johor bahru ke Singapura dengan biaya RM80, tetapi dari awal pak supir dah wanti2 jika kita masuk kantor imigrasi untuk dilakukan pengecekan maka akan di tambah RM40 jadi total RM120. 

Caranya sih mudah sekali pertama dari hotel kami naik grabcar biaya RM5 dengan tujuan Larkin Sentral dan kami waktu itu di turunkan di pasar Larkin #weleh kok pasar# yup sempat binggung juga kok pasar ya, tetapi kami nanya sama polisi yang ada disitu ternyata area busnya ada didalam dan memang terkoneksi sama pasar Larkin. Setelah masuk kedalam aku melihat ada tulisan loket taxi resmi dan bergegas kami kesana #sampai lupa foto hehe..# 

Sesampai diloket langsung nanya mau pesan 1 taxi ke singapura, tetapi itu petugas suruh langsung nanya kepada supir2 taxi yang ada di sekitar situ, jadi setiap taxi yang akan ke singapura hanya biasa point to point saja dari johor bahru ke Queen Street Terminal di Singapura dan aku dapat pak supir asal indonesia, beliau sudah lama tinggal dan kerja di johor dan menurut beliau mencari taxi bisa lewat telpon nanti di jemput di hotel dan langsung berangkat ke singapura jadi tidak harus dari Larkin Sentral, tetapi untuk di singapura hanya bisa turun di Queen street saja tidak boleh di lain tempat. 

Setelah angkut barang kamipun mulai berangkat ke singapura, jaraknya sih dekat banget sebenarnya mungkin tanpa imigrasi hanya 10-15menit saja tetapi proses nya yang buat lama, waktu itu sebelum ke imigrasi pak supir menyuruh aku untuk mengisi form imigrasi kebetulan beliau mau isi premium jadi bisa santai tulis2 nya tetapi karena aku harus mengisi 4 buah form weleh sambil mobil jalan ngisi form itu tantangan haha...

Antrian Sepeda Motor yang mau melewati imigrasi Singapura
10menit kemudian kami sudah di imigrasi malaysia, disini sih gak lama dan gak di periksa jadi cap paspor selesai dah lanjut menyebrangi jembatan yang menghubungi selat dengan singapura dan karena tidak macet 5 menit kemudian kami sudah masuk di area imigrasi singapura. Entah kenapa rasanya masuk imigrasi singapura itu serem2 gimana gitu selalu berdoa semoga lolos supaya cepat sampai di singapura. 

Mau masuk area imigrasi setelah itu kita tidak boleh foto maupun rekam



Nah setelah masuk gerbang loket ternyata setiap mobil harus membuka bagasi belakang karena ada 1 petugas yg akan periksa bawa apa saja, dan kebetulan karena kami bawa koper jadi waktu itu aku disuruh turun untuk membuka koper tsb tapi gak sampai di bongkar sih hanya periksa2 biasa saja. Lalu paspor dan kartu imigrasi kami serahkan dan di cek satu2, sebenarnya sih kami sudah senang dan pak supir jg sudah senang karena paspor kami sudah di cap dan biasanya kan sudah boleh pergi tetapi karena petugas lagi teliti setelah cap petugas itu meminta tiket pulang kami dan karena waktu itu aku gak print karena berpikir airasia bisa mobile check in ternyata salah saudara2 sekalian, tiket yang aku tunjukin waktu itu tujuan KL jadi belum tujuan pulang ke indonesia #karena memang kami ke KL dulu baru pulang whew..# nah karena pakai HP jadilah gak bisa nunjukin tiket yang pulang ke indonesia nya, dah akhirnya kami disuruh ke Kantor untuk diperiksa lebih lanjut dan ini memang makan waktu banget #wheww.... Sial kok gak cetak tiket pulang# 

Lama kami tunggu sekitar 15menit ada petugas yang pakai sepeda yang menggiring taxi untuk masuk ke kantor imigrasi singapura. Dan didalam sana kami harus antri lagi sama orang2 yang bernasib sama dengan kami #Whew...# bener2 buang waktu aku pikir kemarin tetapi ya mau gimana lagi. 

Setelah lama nunggu mungkin 30menit akhirnya aku dipanggil, masuk ruangan gitu pertama aku diambil sidik jari gitu di satu komputer dan komputer itu lakukan searching gitu untuk cek apakah aku ini kriminal atau tidak tetapi syukurlah baik2 saja #Whew... Lap keringat dulu#. Kemudian di wawancara pertama sih ditanya bisa bahasa inggris, ya aku jawab gak bisa #lah inggris aja blepotan jadi daripada sana salah ngerti nanti brabe jadilah jawab gak bisa# tapi tenang petugas bawa 1 petugas lagi yang bisa bahasa melayu jadi enak bisa komunikasi, mereka nanya biasa aja sih. 

Petugas : "mau apa ke singapura?" 
Aku : "liburan" 
Petugas : "terus habis dari singapura mau kemana?" 
Aku : "ke KL dulu" 
Petugas : "Mana tiketnya?" 
Aku : [nunjukin HP yang ada tiket airasianya] 
Petugas : "Lho dari KL kapan pulang ke indonesia nya" 
Aku : [nunjukin HP lagi yg tiket pulang ke indonesia] 

Terus beres dah mereka percaya dan aku disuruh tunggu diluar lagi, tapi gak lama sih langsung di scan dll lalu paspor kami dikasih dan kami boleh lewat #whew....senang bgt#. Dari imigrasi ke Queen street terminal kurang lebih 20menit lah dan akhirnya kami sampai juga di singapura #hore....#. 

Jadi kesimpulannya sih enak naik taxi jika bawa anak dan koper banyak karena gak ribet, gak harus geret koper juga dan ingat di imigrasi bawa cetakan tiket pulang yg lengkap agar mereka percaya kamu akan pulang ke indonesia sisa nya berdoa hehe...

Artikel Terkait..

24 comments:

  1. waah..thanx sharingnya ka...kebetulan lagi cari2 cara mudah buat nyeberang dari jb ke singapura pas liburan nanti...btw sebelumnya sempet baca kalo biaya taxi nya memang RM80 untuk 4 orang, tapi kenapa ada tambahan RM40 yah ka? Apa memang semua taxi kena tambahan RM40?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf nih baru balas, lagi sibuk kmrn.
      sebenarnya sih RM80 itu bukan utk 4 orang, tp utk 1 taxi mobilnya sih mirip inova gitu. tambahan RM40 krn kami harus masuk kantor di intograsi gitu krn waktu itu aku gak print lengkap tiket pulang jadi lah kami harus tunggu cukup lama hampir 2 jam antri di kantor dan ini mmg ketentuan taxi klo masuk kantor ya bayar RM40 tp klo setelah cek paspor lgs di cap ya gak perlu bayar RM40 lg.

      Delete
    2. Thanks sharingnya.. mau tanya kl dewasa 4 anak 3 kl pake 1 mbil itu bs? Apakah mesti pake 2 mobil.. tanpa bagasi..

      Delete
    3. aku rasa gak perlu deh karena kmrn mobil yang aku pakai kmrn spt inova jadi cukup besar.

      Delete
  2. Ada no tlp taksi nya ga say?kan katanya bisa pesen di hotel aja jd ga perlu ke Larkin..thanks sharing n jawabannya ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. krn waktu itu sibuk nulis form imigrasi jadi lupa gan minta kembali, tp bisa coba nanya resepsionis hotel.

      Delete
  3. Kebetulan sy cb pakai cara naik taksi di larkin sentral, dan ternyata skrng harganya sudah SG 60 untuk taksi isi 4 org dewasa dan SG 100 untuk 6-7 dewasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. agan dpt taxi sedan ato inova, soalnya kmrn aku inova jadi mungkin dpt hrg SG 80 ?

      Delete
    2. Sorry..itu harga SG ato RM ya? Klo SG jd lebih mahal dong skrg

      Delete
    3. oh iya maaf salah harunya RM80 gan. makasi koreksinya

      Delete
  4. Alhamdulilah... Sangat2 membantu reviewnya... Makasih bangett

    ReplyDelete
  5. Klo sewa taksi 10 penumpang Cara nya gimana ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo 10 aku rasa butuh 2 mobil deh kan belum bagasi dan tas juga, jadi tinggal cari aja 2 taxi disana.

      Delete
  6. ada yang punya pengalaman bulak balik JB-Spore berkali2 gak dengan taxi atau bus atau train?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa saja tp akan makan waktu dan uang yg banyak, jadi klo mmg mau liburan di Spore lbh baik menginap di Spore aja karena jd total cost nya akan sama saja :)

      Delete
  7. Taxi resmi disana apa namanya ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo nama kurang tau sy, tetapi utk jadi supir taxi antar JB-Spore itu harus resmi dan gak mungkin di tipu karena di perbatasan Spore itu ketat sekali.

      Delete
  8. Tau info dari SG ke jB naik grab car 2org gak tarifnya brp kira2? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. grab car tidak bisa antar SG ke JB, ini karena utk bisa jadi taxi SG-JB harus punya SIM khusus jadi tidak semua taxi bisa lewat perbatasan antara SG-JB.

      Delete
  9. Klo balita saat naik taksi wajib pake carseat gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengalaman kemarin sih tidak ada syarat pakai carseat, di custom hny ketat soal tiket pulang dll yg sy bahas diatas

      Delete
  10. Nice sharing, kebetulan mau ngetes dr JB ke Sing PP nginap semalam. Pilihan nyoba kereta api tp booking by online gk pernah sukses. Btw bus sm taxi sama waktu perjalan dan proses imigrasinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. utk pengalaman train dan bus sy blom coba karena bawa anak dan koper.

      Delete