Friday, March 5, 2010

Hari pertama memulai usaha sendiri


Sudah lama aku bermimpi untuk mempunyai usaha sendiri karena udah 3 tahun aku kerja ikut orang dan tidak ada hasil sama sekali,  dan hari itu datang juga tanggal 2 maret 2010 aku dan pacarku mulai membuka usaha kecil-kecilan di daerah Pasar kembang Surabaya. Usaha ini atas dukungan dari papa dan mama ku serta di Bantu oleh calon mertua ku (terima kasih pada mereka semua karena sudah men-support kami berdua)

Toko ku ini lebih focus menjual bahan kue, karena aku lihat memang lebih prospek, persiapan untuk membuka toko ini pun cukup lama yaitu 2 bulan, kenapa?? Yup karena tempat ini dulunya adalah gudang jadi harus di bersihkan dulu dan ditata agar menarik serta di cat baru. Dan membeli barang-barang yang dijual pun penuh dengan perjuangan karena kami berdua yang buta sama sekali tentang usaha ini, dimana harus beli grosir dll banyak hal yang menghambat kami. Tapi kami tetap bersyukur karena Tuhan tetap memberi jalan kepada kami.

  
Akhirnya dengan kerja keras selama 2 hari menyusun barang, hari pertama memulai toko ku ini pun di mulai. Sebenarnya aku ya takut karena jujur selama ini aku gak pernah jualan di pasar yang begitu rame, tidak ada pegalaman sedikit pun, tapi untung pacarku dengan sabar mau mengajari aku pelan-pelan.

Hari pertama memang dilalu dengan susah payah banyak yang tidak aku tau, dari dimana parkir mobil terus jam berapa buka tokonya, gimana dapat listriknya tapi untunglah semua berjalan dengan lancar pada hari pertama biarpun kita sangat kesulitan dalam menjual barang karena harga-harga barang masih sebagian aja yang kita udah set.

Karena masih bodoh banyak hal-hal aneh yang aku lakukan, dari salah jual barang, salah kasih harga, salah kasih jumlah barang wew payah juga aku banyak kesalahan yang aku perbuatan dan hari toko ku gak rugi-rugi banget. Tapi aku tetap semangat yang namanya belajar pasti dari kesalahan hanya kalau salah terus yang parah namanya hehehehe….

Waktu itu karena toko kita masih sangat baru, jadi masih banyak orang yang tidak ngerti jadilah toko ku sepi wew… pagi udah semangat 45 agak siangan udah loyo karena kepikiran toko sepi, tapi gak apa-apa semua usaha pertama pasti dari NOL, gak mungkin langsung rame.

Tidak terasa 8 jam aku udah buka toko di hari pertama ini, banyak pengalama yang aku pelajari dan memang cari uang sendiri itu tidak gampang penuh pengorbanan juga. Dan jam 1 siang kami pun menutup toko kami karena pada jam-jam segitu pasar udah sangat sepi sekali, dan mempersiapkan barang untuk besok harinya.

Artikel Terkait..

9 comments:

  1. Thanks udah berbagi, jujur saya juga baru mulai usaha. Susah senang nya pasti dirasakan ketika baru pertama buka. Tapi yakinlah, ketika orang-orang sudah tau dan senang dengan apa yang kita jual, toko kita gak akan pernah sepi. Semangat dan salam sukses selalu.

    ReplyDelete
  2. Selamat pagi,
    Untung modal awal buka usahanya saat itu berapa kak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf ya baru bisa balas skrg, waktu itu untungnya dikit saja kak karena mmg jualan di pasar jg blom dikenal org2

      Delete
  3. Saya berencana buka tbk, tapi masih buta untuk memulainya. Kalau boleh tahu, bagaimana mencari supplier bahan kue nya?

    ReplyDelete
  4. maaf baru bls...agan/sis lokasi dimana? klo surabaya biasanya di toko2 besar yang jual tbk jadi kita beli per lusin ato per gross agar kita bisa jual lagi.

    ReplyDelete
  5. di tasikmalaya.hehe
    maaf nih nanya lagi, kalau barang yang sering dibeli apa aja?
    terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung sih,biasanya brg pokok spt terigu,mentega dll dulu

      Delete
  6. untuk membeli barang dagangan itu dimana ya_??? misalnya seperti bahan kue seperti tepung gtu, belinya kayak gimana bsa gambarin, jelasin, saya mau buka tapi masih awam tempat nyetok barang yang mau di perdagangkan itu kmbali

    ReplyDelete