Sunday, November 11, 2018

Belajar Transportasi di Jepang - part1

Pertama kali lihat peta subway di jepang pasti membuat banyak yang binggung, dengan banyaknya jalur dan perusahaan membuat kita binggung darimana awalnya kita belajar.

Nah karena itu saya mau berbagi dimana awalnya saya belajar tentang transportasi di jepang ini, karena panjang saya bagi ke beberapa part dan moga gak bosan baca nya.


1. JRPASS

JRPASS adalah salah satu paket unlimited/sepuasnya naik kereta jalur JR (warna hijau), Narita express, shinkansen (kecuali nozomi tidak tercover) lengkapnya [klik disini]. JRPASS hanya bisa dibeli diluar jepang dan nanti akan ditukar/diaktifkan di jepang di kantor JR yang biasanya ada di bandara dan stasiun2 besar.

Nah banyak sekali yang binggung dengan JRPASS ada yg bilang harus beli, harus punya, kalo gak beli gak bisa naik kereta dll, dan SEMUA ITU SALAH.

JRPASS itu seperti perumpamaan ini. Kita mau ke restoran nah di restoran ini ada paket A dan paket B ada juga jual pisahan seperti nasi, ayam, tempe dll. kita boleh membeli paket A atau B dan kita TIDAK HARUS membeli paket tersebut, kita membeli paket karena memang biasanya lebih murah dari kita beli satuan. Jika kita merasa beli paket A mahal karena kita hanya makan ayam saja maka jangan beli paket A belilah ayam saja. Nah seperti gitulah JRPASS, jangan merasa wajib beli karena memang tidak wajib, JRPASS itu hanya salah satu paket naik kereta unlimited/sepuasnya yang disediakan oleh pemerintah jepang dan JRPASS ini juga hanya boleh dibeli diluar jepang. Sebenarnya masih banyak paket2 yang disediakan oleh pihak jepang yang pernah aku dengar Tokyo wide pass, Fujiko Hakone pass, Kansai area pass, Kansai wide area pass dan masih banyak lagi,  jadi sesuaikan saja dengan kebutuhan.

Apakah JRPASS itu layak dibeli, ya banyak yang bilang cara hitung yang paling gampang itu adalah jika agan ada rencana naik shinkansen dari tokyo ke osaka (pp) maka ini akan balik modal, tetapi jika hanya 1 arah misal tokyo - osaka saja maka harus dihitung lagi apakah di area tokyo nya kita lebih sering menggunakan jalur JR atau tidak, tetapi jika diluar jalur itu tinggal gunakan kalkulator jrpass aja [klik disini]

Jika agan memutuskan gak beli JRPASS maka gak usah khawatir gak bisa naik kereta, karena bisa pakai IC CARD (SUICA, PASMO, ICOCA dll). Nah IC CARD bisa dipakai hampir disemua jenis subway/metro kecuali shinkansen.  Jadi gak usah binggung tinggal tap di gate dan nanti akan dipotong langsung dikartu, agan tinggal isi kartu jangan sampai kosong saja ^_^. Oh ya pembelian kartu IC CARD ini hanya sesuai area ya misal agan mendarat di Osaka maka belilah ICOCA dan ini bisa dipakai diseluruh jepang, tapi nanti jika mau refund ya harus di Osaka gak boleh di tokyo, dan begitu sebaliknya.


2. Jalur Kereta Hotel

Hotel adalah tempat yang menjadi patokan kita untuk mencari jalur kereta yang akan sering kita gunakan, seperti contoh hotel yang aku pilih Tokyo plaza yang stasiun terdekat adalah Shin-okubo nah kita lihat map google jalur apa saja yang ada di shin-okubo, dan ternyata jalur JR Yamanote line.

Map Yamanote line, Source : Daily japan

Kita pelajari saja jalur ini, nah kebetulan ini jalur yang unik karena baru kali ini aku melihat ada jalur loop line. Pertama binggung sih gimana bacanya ya nih jalur, naik dari 1 stasiun ke stasiun lain apa dari atas atau dari bawah? jawabannya simple sih JR Yamanote line itu terdapat 2 platform yaitu Inner Loop dan Outer Loop.

OUTER LOOP (searah jarum jam)
* SHINJUKU - IKEBUKURO - NIPPORI - EUNO - dan seterusnya berputar 

INNER LOOP (tidak searah jarum jam)
* SHINJUKU - HARAJUKU - SHIBUYA - SHINAGAWA - dan seterusnya berputar

NB *: Patokan stasiun yang aku tulis adalah stasiun yang besar2, tetapi sebenarnya semua stasiun dilewati ya..

Nah untuk mempermudah hidup kita pakai Google Map, NaviTime atau Hyperdia (Komputer PC). Aku beri contoh NaviTime saja karena lebih gampang dan gak ribet, misal kita dari Shin-Okubo menuju ke Tokyo Stasiun maka input data seperti contoh dibawah ini.

NB: aplikasi map semua membutuhkan koneksi internet



Lalu nanti akan muncul daftar rute dan kita pilih saja yang tercepat dan sedikit transitnya seperti dibawah ini :

Penjelasan :
  1. Dari Stasiun Shin-Okubo menuju ke Stasiun Tokyo
  2. Tanggal dan jam berangkat ini bisa kita setting diawal
  3. Daftar rute yang dapat kita pilih sesuai dengan jam dan sedikit trasit, cepat dan gak ribet.

Misal kita pilih rute pertama, maka akan muncul seperti gambar dibawah ini :


Penjelasan :
  1. Waktu berangkat kereta dan asal stasiun yaitu Shin-Okubo
  2. Perusahaan kereta yang akan kita naiki yaitu JR Yamanote Line
  3. Tujuan kereta ke Ikebukuro atau dengan bahasa lain Outer loop (penjelasan diatas)
  4. Platform 1 adalah tempat kita naik, karena biasanya disetiap stasiun punya beberapa Platform
  5. Biaya naik kereta 200 yen tetapi jika menggunakan IC card hanya 194 yen, dan waktu perjalanan 31 menit
  6. Waktu sampai kita di Stasiun Tokyo

Untuk melihat stasiun apa saja yang akan kita lewati, agan bisa klik nomor 2 maka akan muncul seperti dibawa ini.

Daftar Stasiun yang akan kita lewati

Gampangkan, nah untuk rute-rute lain bisa dicoba menggunakan NaveTime. Tetapi gimana kalau ada perpindahan kereta ? ok contoh dari Shin-Okubo ke Asakusa ini nanti hasilnya seperti ini



Lalu nanti akan muncul daftar rute dan kita pilih saja yang tercepat dan sedikit transitnya seperti dibawah ini :


Penjelasan :
  1. Dari Stasiun Shin-Okubo menuju ke Stasiun Asakusa
  2. Tanggal dan jam berangkat ini bisa kita setting diawal
  3. Daftar rute yang dapat kita pilih sesuai dengan jam dan sedikit trasit, cepat dan gak ribet.

Misal kita pilih rute pertama, maka akan muncul seperti gambar dibawah ini :


Penjelasan :
  1. Waktu berangkat kereta dan asal stasiun yaitu Shin-Okubo
  2. Perusahaan kereta yang akan kita naiki yaitu JR Yamanote Line
  3. Tujuan kereta ke Ikebukuro atau dengan bahasa lain Outer loop (penjelasan diatas)
  4. Platform 1 adalah tempat kita naik, karena biasanya disetiap stasiun punya beberapa Platform
  5. Biaya naik kereta 200 yen tetapi jika menggunakan IC card hanya 194 yen, dan waktu perjalanan 24 menit
  6. Stasiun Ueno adalah tempat kita berpindah kereta, jadi nanti kita turun tapi gak keluar gate tiket, nah kita langsung cari arah Ginza Line platform 2 (no.7 dan no.9)
  7. Perusahaan kereta yang akan kita naiki yaitu Tokyo Metro Ginza Line (Ginza line)
  8. Kereta yang ke arah Asakusa 
  9. Platform 3 adalah tempat kita naik Metro Ginza line ini
  10. Biaya naik kereta 170 yen dan lama perjalanan 5 menit
  11. Waktu tiba kita di stasiun Asakusa 
NB: waktu tiba tidak selalu tepat karena waktu kita berpindah kereta dari Yamanote line ke Ginza line bagi pemula kadang tersesat.

Ok mudah2 sampai disini mengerti cara baca jalur di NaveTime. Jika kita sudah pernah menjelajah singapura, hongkong dan korea maka ini akan sangat membantu kita lebih cepat memahami jalur map jepang ini.

Kita juga bisa menghitung total biaya perjalanan kita selama di jepang jika kita tidak menggunakan JRPASS karena biaya yang tertera di Google map, NaveTime, Hyperdia itu selalu terupdate. Jadi selama riset kita bisa menggunakan excel untuk menghitung total biaya selama kita dijepang

Bersambung...

Baca juga :

Baca juga perjalanan kami :

Artikel Terkait..

No comments:

Post a Comment