Friday, November 29, 2013

Liburan Hongkong - Hari 2

29 OKT 2013 , BALI – SINGAPORE – HONGKONG
Penerbangan : Airasia – QZ8498
Tujuan : Denpasar(DPS) – Singapore(SIN)
Waktu : 06.10AM – 08.45AM
Harga : Rp. 99.000 /orang dan Rp. 150.000 /bayi

Penerbangan : Tigerair – TR2066
Tujuan :  Singapore(SIN) – Hongkong(HKG)
Waktu : 02.15PM – 06.10PM
Harga : S$ 128 /orang dan S$ 50 / bayi

Penginapan : Golden Crown Guesthouse (GC)
Bayar Cash utk 3 hari : HK$ 4230 (sistem booking hanya bayar DP 25%, sisanya harus cash di losmen)
Harga :
  • Renovated Twin Room : HK$ 550* x 1 kamar x 3 hari = HK$ 1650
  • Quarple Room : HK$ 680* x 2 kamar x 3 hari =  HK$ 4080
* rate oktober

Pagi buta jam 3 subuh aku dibangunin oleh weker, istriku dan ortuku, dikarena hanya tidur 2 jam jadi masih sangat ngantuk, tapi anehnya karena semangat 45 sekali jadi dalam sekejap ngantuk tsb hilang. Setelah semua siap kami check out dari hotel dan gampang kok prosesnya, jarak Hotel Tune kuta ke bandara Ngurah rai sangat dekat kok hanya butuh waktu 10 menit udah sampai dibandara yang megah, besar tapi masih belum jadi 100%.

Sampai di bandara international Ngurah Rai kita langsung disambut oleh antrian panjang dan bandara Indonesia bisa dibilang sangat ketat kalau dibandingkan bandara luar negri karena antrian kayak gini jarang ada, tapi dari segi keamanan sama saja sih menurut aku disana juga ketat tp menggunakan cara yg berbeda jadi kenyamanan penumpang tetap diperhatikan, selesai antri kita langsung check in dan proses sampai di gate pesawat membutuhkan waktu 1.5 jam, lamanya proses karena banyak prosedur yang kami lewati antara lain:
  1. Kami harus membayar airport tax  #untung masih subuh jd tidak ada antrian#.
  2. Kita harus melewatin imigrasi dan proses di imigrasi lancar jaya biarpun ada insiden kecil paspor adikku tertukar sama suaminya jadi membuat petugas imigrasinya jutek pagi2 #antrian sedikit saja…#.
  3. kita harus lewat proses boarding, nah disini proses pemeriksaan nya cukup ketat karena semua cairan diatas 100ml harus dibuang dan pada waktu itu karena kita kurang persiapan maka semua air mineral kami disita sama petugas dan dibuang #sedihnya…beli air dipesawat mahal minta ampun#.
  4. kita harus lewat proses boarding, nah disini proses pemeriksaan nya cukup ketat karena semua cairan diatas 100ml harus dibuang dan pada waktu itu karena kita kurang persiapan maka semua air mineral kami disita sama petugas dan dibuang #sedihnya…beli air dipesawat mahal minta ampun#.
  5.  kita harus jalan ke gate yang jauhnya minta ampun, harus melewati toko2 dutyfree dan sampailah kami di gate terujung dari airasia (bangunannya masih di renovasi jadi terkesan kumuh sekali).
Catatan: karena ada 2 anak kecil maka ibunya diperbolehkan membawa air mineral+termos air panas + susu bubuk jadi jangan takut si kecil tetap bisa minum susu diatas pesawat.

Proses take off Airasia mulus tanpa kendala, yovan minum susu dan tidur dengan nyenyak sekali perjalanan 2 jam menuju ke Singapore dihabiskan dengan tidur, tapi apa bisa dikatakan mencoba tidur pun kami tidak bisa karena perut mulai berbunyi minta makan nah karena sudah pre-order makan Nasi lemak pak Nasser akhirnya pesanan kami datang juga, ini penampakan Nasi lemak pak Nasser

Setelah makan kami pun tidur pura2 lagi #gak bisa tidur soalnya…gak kenyang…# setelah menunggu 2 jam akhirnya kami sampai juga di bandara international Changi Singapore, ini bandara keren abis fasilitas lengkap, nyaman banget dan gak pakai antri hehe...

Pertama2 yang kami hadapi adalah pihak imigrasi dan dikarenakan Airasia waktu dipesawat kehabiskan kartu imigrasi Singapore maka dari itu kami harus mengisi form kedatangan tsb di dekat imigrasi, tapi ada kejadian yang menegangkan juga disini yaitu karena udah lama aku gak ke Singapore aku lupa mengisi 3 pertanyaan yg ada di form, oleh karena itu pada waktu lapor ke petugas imigrasi ada dari kami yang dipersulit oleh pihak imigrasi karena dia jawab 3 pertanyaan tsb dengan jawaban yes #aduhhh harusnya jawab NO…# dan dia adalah adikku, butuh waktu lama utk dia mengisi ulang form tsb karena sebelumnya suaminya yg ngisi jadi agak2 blank gitu dia, tapi untunglah ada petugas yg baik hati yang mau mengajari adikku jadi akhirnya adikku bisa lolos dari pihak imigrasi Singapore #syukur kepada Tuhan#

Setelah imigrasi lanjut kita ambil bagasi, semua proses gampang gak ada kendala. Nah karena pesawat Tigerair baru terbang jam 2 siang sedangkan kita sampai di Singapore baru jam 10 pagi oleh karena itu kami menggunakan fasilitas yang disediakan oleh pihak Tigerair yaitu Early check in di Terminal 2 Row 12. Nah karena terminal kedatangannya di Terminal 1 maka untuk berpindah ke Terminal 2 kami mengunakan fasilitas gratis yaitu skytrain. Sesampai di terminal 2 kami langsung mencari counter Early check in ternyata lagi2 di ujung sekali nah waktu itu kita diterima oleh cece2 dengan senyuman hangat, tetapi sayang setelah dia lihat paspor yg aku kasih 8org + koper 5 besar2, muka cece2 tsb langsung jutek abis #yang sabar ya…ce…# setelah proses check in selesai, kami lanjut dengan membeli kartu Ez-link dekat terminal MRT nah kenapa kami beli sekarang karena mempersingkat waktu saja dan juga kita nganggur 4 jam transit waktu itu.

Setelah selesai membeli kartu, kami langsung masuk ke airside Changi dan seperti biasa prosedur yg kami lewati sama persis spt waktu kita di Bali hanya saja pembayaran airport tax tidak ada disana karena sudah include di tiket pesawat jadi masuk langsung berhadapan dengan pihak imigrasi, setelah imigrasi selesai karena masih 4 jam kami pun mencari makan karena kami sudah kehausan dan kelaparan banget. Sesudah perut kenyang maka aku bawa rombonganku di family zone disana ada permaianan seluncuran dan anak ku yovan dan keponakan ku verly kegirangan disana gak berhenti2 main tuh mainan, untuk orang dewasa fasilitas entertainment nya lengkap di changi dan semua gratis, dari main internet gratis, nonton movie dgn kursi malas gratis, main X-BOX ato PS juga gratis pokoknya gak bakalan bosan disana dah.

Nah karena anak2 keasikan main, dan kami yg dewasa istrahat jadilah lupa waktu terutama aku yang lupa kalau waktu boarding itu 30menit sebelum pesawat terbang. Jadilah kami telat ke gate pesawat yang di monitor status gate nya udah closing(tutup) #aduhhh masa ketinggalan pesawat sih…#  jadilah kami harus berlari-lari ke gate yang letaknya gak dekat, jauhh banget diujung banget menurut aku. Sebelum masuk spt biasa kami harus diperiksa kembali, semua jaket, HP, Tab, Tas dll harus di scan dan cairan diatas 100ml juga pastinya disita kecuali ibu2 yg bawa anak kecil. Setelah masuk di pesawat ternyata orang2 dah pada tunggu kami, tapi ocupasi pesawat waktu itu sepi sekali banyak kursi kosong kok waktu kami ke Hongkong #untung gak di reschedule ama tigerairnya…#

Proses take off tigerair mulus banget, gak kerasa dah diatas dan perjalanan 4 jam kami habiskan dengan mencoba tidur lagi, untung waktu itu yovan dan verly udah tidur lelap. Karena aku pikir sesampai dihongkong kita gak sempat makan malam jadi aku putuskan makan sore aja dulu agar perut gak kosong pas sampai di hongkong nantinya, jgn ditanya dah harga makanannya super duper mahal 1 paket Hot meal + minuman seharga S$15 tapi jgn berpikir porsinya gede, dengan harga segitu porsi yang kami dapat kecil banget #aduh sangking mahalnya…jadi lupa foto dah#.

Setelah menunggu 4 jam di atas pesawat, dan bokong juga udah terasa panas akhirnya impian kami sekeluarga untuk menginjakan kaki di Hongkong tercapai #Terima kasih Tuhan Yesus atas berkatnya#.
Bandara Internationa Hongkong besar dan megah banget sangking besarnya untuk ke gate aja kita harus menggunakan bus special yang antik menurut aku, dan proses seperti biasa yang pertama kami hadapin adalah pihak imigrasi, oh ya diatas pesawat tigerair aku udah mengisi form kedatangan utk semua rombonganku jadi pada waktu antri dan lapor imigrasi lancar jaya. Setelah imigrasi seperti biasa kita mengambil bagasi semua proses lancar dan kami udah diluar bandara jam 7 malam #lebih cepat dari perkiraan aku#

Nah karena sehari sebelumnya aku lupa confirm utk airport pickup dari Losmen ku, akhirnya aku putuskan naik Taxi merah aja prosesnya gampang kok yang penting kita udah siapin gambar maupun tulisan Nama Losmen dan alamat dalam bahasa mandarin jadi tinggal nunjukin aja ke supirnya mereka langsung ngerti. Biaya dari bandara ke Losmen adalah HK$ 250 udah termasuk koper (koper dihitung juga HK$ 5 per koper) nah karena rombongan banyak jadi kita gunakan 2 taxi dan total biayanya HK$ 500. Lama perjalanan dari bandara ke losmen kurang lebih 45menit, kenapa lama perjalanannya karena memang bandara hongkong sangat jauh dari kota.

Catatan: Ada banyak alternative utk ke kota antara lain:
  1. Naik Bus A21 utk daerah Tsim Sha Tsui dan sekitarnya biayanya HK$ 33 per dewasa dan HK$ 16.5 per anak.
  2. Airport Express kereta special yang mengantar kita ke terminal2 tertentu di kota hongkong tapi harganya cukup mahal yaitu HK$ 90 per dewasa dan HK$ 45 per anak
Dalam perjalanan dari bandara ke losmen aku disuguhi pemandangan yang indah, jembatan besar dan panjang, cantik pula #suramadu tidak ada apa2 ya hehe…# gedung2 yang tinggi, lampu warna warni disana sini wahh pokoknya indah banget serasa mimpi bisa menginjakan kaki di hongkong. Setelah 45menit ditaxi akhirnya kami sampai juga di losmen kami. Ini penampakan didepan losmen (diambil pada waktu pagi hari fotonya)

Losmen kami terletak di gedung Golden Crown dan resepsionisnya terdapat di lantai 5, di gedung ini jangan berpikir hanya milik losmen ku aja hehe… ternyata tidak karena digedung ada banyak losmen2 lain disetiap lantainya. Nah karena lift nya super duper mugil maka kita harus berbagi pada waktu naik ke lantai 5 tsb, waktu itu yang nerima kami adalah Mr. Eric dan proses check in cepat banget tinggal bayar sisa uang lalu dikasih dah kunci kamar, waktu itu kami beruntung karena dikasih kamar yang bersebelahan yaitu dilantai 6. Setelah dijelasin tentang gimana cara akses kunci, nyalain ac, nyalain heater dll akhirnya kami semua istrahat dan mulai membongkar koper2 kami masing2. Sesuai rencana sih sebenarnya pingin ke ladies market, karena itu sebelum kesana kita makan dulu dan cari punya cari akhirnya kami makan juga di café de coral.

Menu Cafe de coral. Sumber: foodology

Makanan mirip XO suki. Sumber: Hungryforhk

Tapi rencana tinggal rencana waktu itu yovan sangat rewel sekali dia kurang nyaman dan kurang tidur jadilah kami putusin utk malam ini kami istrahat saja untuk mengumpulkan tenaga besoknya.

Total Pengeluaran
Airport tax Bali : Rp. 150.000 x 7 orang = Rp. 1.050.000 (bayi gratis ^_^)
Makan di Pesawat Airasia : Rp. 36.800 x 6 orang = Rp. 220.800
Makan di foodcourt changi : S$ 5 x 6 orang = S$ 30
Makan di Pesawat Tigerair : S$ 15 x 6 orang = S$ 90 (makanan termahal nih ToT)
Taxi : HK$ 250 x 2 taxi = HK$ 500
Makan di Café de coral dari HK$ 50 s/d HK$ 90 (porsi sangat besar ya…)