Thursday, November 22, 2018

Jepang Hari 1 : Mendarat di Narita International Airport

Check in Airasia XT401 DPS-NRT, sayang rutenya dah di hapus T_T

Perjalanan 7 jam diatas pesawat Airasia X merupakan pengalaman baru bagi kami, sakit pinggang, gak bisa tidur lelap, si meme sakit panas yang membuat perjalanan kami cukup berat waktu itu, tapi akhirnya jam 7 pagi kamipun sampai dibandara Narita International, waktu itu kami semua merasa senang, takjub, gembira karena bisa sampai disana dan langsung menuju ke area imigrasi.

Sebelumnya aku sudah mempersiapkan dokumen2 pendukung untuk menghadapi imigrasi tapi lupa dibagikan ke rombongan makanya waktu itu sedikit takut dan was2 karena takut ortu ditanya dan tidak bisa menjawab, tetapi setelah sampai di imigrasi ternyata sepi dan prosesnya cepat sekali dan syukur sekali kami bisa lolos tanpa ada kendala sedikitpun #whew lega..

Beres imigrasi kamipun melanjut mencari bagasi kami dan tanpa kendala bagasi kami ambil dan lewat bagian custom jepang, aku rasa custom jepang tidak ketat jadi kami tidak diperiksa dan koper tidak di scan jadi kami lolos dengan mulus.

Karena kejar waktu kereta NEX tujuan Shinjuku kamipun menganti baju dulu di toilet ya sekalian istirahat sebentar dan menghidupkan pocket wifi yang sudah aku bawa kemarin yaitu javawifi, dan kemudian kami lanjut untuk mengaktifkan JRPASS kami di kantor JR, waktu itu antri tidak terlalu panjang tapi cukup lama mungkin hampir 1 jam karena proses tiketnya teliti sekali pegawai JR, 1 per 1 diperiksa dan jadilah JRPASS kami.

Waktu itu sekalian aku pesan (reserved seat) shinkansen untuk tujuan ke osaka tanggal 2 November dan NEX tujuan Shinjuku (semuanya gratis karena menggunakan JRPASS).

Nah sebenarnya aku harus beli SUICA card disini karena dekat situ ada mesinnya, tapi karena kereta NEX jam nya mepet maka tanpa buang waktu kamipun langsung menuju ke platform NEX. Nah kami tunjukin JRPASS dan tiket ke petugas disebelah gate tetapi ternyata tiket itu gak perlu ditunjukan yang ditunjukan hanya JRPASS aja sedangkan tiket itu sebagai informasi kita nanti gerbong berapa dan kursi nomor berapa.

Tunggu kereta NEX tujuan Shinjuku

Pertama naik NEX wah katrok banget biasa dari kampung hehe, terkagum2 dah sama keretanya bersih, tempat duduk luas dan waktu itu sepi sih jadi nyaman banget. Perjalanan ke pusat tokyo cukup jauh kalo dari Narita sekitar 60menit, kalo bandara Haneda itu lebih dekat sekitar 30menit.

Karena kurang tidur maka 1 jam dikereta kami ketiduran lelap juga karena nyaman sekali tetapi karena aku cukup excited jadi mata ini mau melihat gimana sih jepang itu, dan ternyata rapi2 gitu, sawah aja rapi banget, jalannya, irigasinya wah beneran top markotop salut banget bisa lihat itu. Setelah mulai masuk perkotaan aku juga melihat penataan rumah susun yang rapi, kabel2 listrik juga rapi banget wah senang lihatnya #sambil ngebanyangin kabel2 yang ada di dompu hehe.

Shinjuku Station

Akhirnya kamipun sampai di stasiun Shinjuku setelah sebelumnya singgah di station Tokyo dan Shibuya. Dan tepat jam 11 siang kami sampai disana dan keluar gate dengan cukup menunjukan JRPASS kami.

Kamipun melanjutkan mencari loker untuk menyimpan koper kami, tapi ternyata cukup sulit karena masuk stasiun sebesar itu aku cukup hilang arah karena petunjuk dan juga map stasiun tidak banyak jadilah kami waktu itu jalan gak tau arah #haha.. dan akhirnya dapat juga loker dan setelah itu kami lanjut mencari Kantor Odakyu, sebelumnya dah pernah lihat cara ke kantor Odakyu lewat youtube tapi setelah disana wah ternyata tidak segampang itu #hehe jadilah cukup lama aku putar2 cari petunjuknya dah akhirnya menyerah langsung bertanya kebetulan ketemu customer service dan aku tunjukin foto kantor odakyu karena orang jepang harus lihat tulisan jepang gitu baru mengerti dan akhirnya sampai juga ternyata kantornya 1 lantai dibawah mall gitu, langsung dah beli tiket 2 day Hakone pass (5140yen/dewasa ; 1500yen/anak) +  Kereta RomanceCar (1090yen) untuk 8 orang + 1 anak dibawah 5 thn gratis (gak dapat tempat duduk di kereta).

Kantor Odakyu
Setelah selesai urus tiket untuk besok kita cari makan, nah tantangan karena ortu sulit untuk coba makan dengan rasa baru jadilah kami beli bento di convinient store (mini market), setelah beli ternyata sulit juga untuk mencari tempat makan karena tidak ada area duduk gitu jadilah waktu itu kami ngemper dibelakang kantor polisi, sebenarnya gak sadar kalo itu kantor polisi tapi karena sudah lapar dan capek ya sudah lah malu dikit gak papa ^_^  tapi untung gak di usir juga hehe.

Setelah kenyang kamipun ambil koper dan berangkat menuju ke Hotel kami, dari Shinjuku kami naik kereta Yamanote Line tujuan Shin-Okubo perjalanan hanya 2 menit dan sesampai disana kami harus geret koper berat karena di stasiun Shin okubo tidak ada lift maupun eskalator dan setelah keluat gate kamipun harus jalan kurang lebih 1 menit dan sampailah kami di hotel, setelah cek in kamipun istrahat karena ortu kecapaian karena tidak tidur semalaman.

Sehabis mandi karena penasaran dengan area disekitar hotel dan sudah minum kopi hitam jadi mata masih segar, maka aku fifi dan anak2 keluar sendiri #rombongan lain bilang mau bobo. Aku mau mencoba makanan2 yang ada disekitar Shin okubo, makanan pertama dan yang dekat adalah Cheese potato dog sampai disana ternyata antri saudara2 tapi gak lama sih 2 menit lah karena tidak bisa bhs jepang jadi asal pesan aja dan kamipun mencari tempat makan, seperti biasa aku pikir kita bisa makan dimana saja yang penting gak jalan tetapi ternyata tidak juga kita sempat diusir dan disuruh pindah mungkin karena kita makan di depan toko orang #mau makan aja susah, akhirnya kami maka dekat vending mesin dan dekat tong sampah jadi aman, untuk rasa sih seperti makan pizza hut yang pinggiran keju jaman dulu enak banget keju nya tapi cukup 1 aja kalo 2 seperti kemarin bosan akhirnya.

Jam 6 malam kami rombongan keluar menuju ke Harajuku yaitu Takesita street disana kami hanya coba dua makanan yaitu con crepes dan zaku-zaku enak2 terutama con crepes nya, hanya saja karena budaya sana gak boleh makan sambil jalan makanya kamipun mencari tempat untuk makan ini susah2 gampang juga.

Akhirnya kami masuk daiso 100 yen, banyak kami belanja waktu itu untuk oleh2 karena barangnya lucu2 dan murah. Puas akhirnya kamipun pulang dalam perjalanan udara dingin sekali ini pertama kalinya kami merasakan udara musim gugur ^_^ dan sebelum pulang kami singgah dulu di Family mart untuk beli makan malam dan setelah itu istirahat karena liburan masih panjang ^_^.