Wednesday, October 2, 2013

PERSIAPAN JALAN KE HONGKONG

JALAN HEMAT KE HONGKONG-MACAU-SINGAPORE (10D9N)

Halo saudara-saudara sekalian nih mau berbagi cerita tentang persiapanku jalan-jalan, karena ceritanya panjang banget jadi kuharap tidak ngantuk pas bacanya dan jangan lupa buat kopi+cemilannya ya…

Bermula dari perjalanan mendadak keluargaku ke Singapore tahun 2010 lalu (baca disini, Perjalanan Singapore) nah sebenarnya rencana awalnya adalah mau ke Hongkong tapi setelah mencari begitu banyak travel agent kok tidak ada yang cocok ya dengan hasrat diri hehe… maka dari itu diputusin batal ke hongkong dan kita pergi ke pulau terdekat dari Indonesia, apalagi kalau bukan Singapore dan Malaysia. Setelah pulang dari jalan-jalan kita dari Singapore, ternyata hasrat untuk ke hongkong tidak hilang-hilang dari diriku ini #Tepokjidat#

Kemudian mulailah tahun 2011 aku mencari informasi tentang hongkong, jujur saja sih buta banget tentang hongkong banyak yang aku tidak tahu mulai dari naik pesawat apa, berapa budgetnya, hotel apa, tempat wisatanya apa saja dll. Lalu satu per satu informasi mulai aku cari dan apa aja itu lanjut baca ya…

1.      Tiket pesawat

Nah karena memang rencana ingin ke hongkong dengan cara hemat, mulailah aku berburu tiket murah, dan apalagi kalau bukan pesawat Low Cost Carrier (LCC) seperti Airasia, Tigerair dan Jetstar. Ternyata berburu tiket murah itu gampang-gampang susah apalagi awal-awal berburu tiket aku tidak punya kartu kredit yang ada hanya keybca #Nasib turis kere huhuhu…#. Akhirnya Airasia awal tahun 2013 mengadakan Freeseat tiket, wow semangat 45 dan waktu itu karena seperti biasa Airasia kalau jual tiket murah pasti tengah malam, jadilah waktu itu bergadang sampai jam 2 malam #whew.. lap keringat dulu#. Dan setelah berdiskusi dgn mantan pacarku alias istriku :p jadilah beli tiket perdana jurusan BALI-SIN tgl 29 okt 2013 seharga Rp. 99.000 per orang tanpa bagasi #Loncat-loncat kegirangan#

Bali - Singapore

Setelah dapat tiket airasia BALI-SIN lanjut lagi cari tiket SIN-HKG atau SIN-MFM, nah karena di Singapore hanya ada 2 pesawat jenis LCC yaitu Tigerair dan Jetstar maka dari itu setiap hari dan setiap bulan melihat promo-promo tiket dari 2 maskapai tsb dan sialnya tidak ada yang murah harganya #lesu,lemas tidak semangat# sempat juga berpikir untuk naik Singapore Airline (SQ) tetapi.. setelah lihat harganya mmm…. Gak jadi dah #haha.. turis kere mau naik SQ#. Tapi hari-hari yang ditunggu datang juga Tigerair mengadakan promo buy 1 get 2 tiket nah setelah hitung-hitung ternyata cukup murah, seperti biasa malam hari mulai berburu tiket nah karena aku ini turis kere gak punya kartu kredit jadilah nebeng dikartu kredit saudara #tutup muka malu-maluin hihi…# tapi karena belum berjodoh sama promo ini batal beli karena ternyata kartu kredit saudara bermasalah. Singkat cerita Tigerair kembali mengadakan promo dan kita dapat tiket jurusan SIN – HKG tgl 29 okt 2013 seharga SGD 306 (2 dewasa+ 1 balita + 1 koper bagasi 20kg)

Singapore - Hongkong

Setelah berjuang untuk mendapatkan kartu kredit, akhirnya bulan April 2013 kartu kredit Silver BRI ku jadi #sedih karena hanya dapat silver aja# lanjut berburu akhirnya dapat HKG – SIN dengan Jetstar tgl 04 nov 2013 seharga Rp. 800.000 per orang + 1 koper bagasi 20kg

Hongkong - Singapore

Dan karena ada urusan di Surabaya, maka tujuan selanjutnya SIN – SBY tgl 06 nov 2013 seharga SGD 536 (6 dewasa+ 1 anak + 1 balita tanpa bagasi) ini gak murah-murah amat sih tetapi karena rute baru Airasia dan juga setelah dibandingin dengan maskapai lain ini yg termurah dah.

Singapore - Surabaya

2. Penginapan

Mencari penginapan murah dihongkong ternyata cukup sulit, semula ingin menginap di hotel saja biar enak tapi setelah cek harga hotel di agoda whew.. mahal-mahal #tepok jidat# rata-rata 1,5jt keatas itupun ukuran kamar kecil + mungil lalu setelah cari informasi ternyata dihongkong memang mahal di penginapan karena disana tanah dan tempat usaha udah sangat mahal harganya jadi jangan heran kalau ada 1 gedung isinya macam-macam seperti ada kantor, minimarket, jual perhiasan dan hotel juga disitu semua campur aduk.

Akhirnya dapat juga hotel murah range harga 600rb – 900rb, semula mengincar 4 hotel ini antara lain: Casa Hotel, North Point Ibis Hotel, JJ Hotel dan Hotel benito.

Tetapi setelah mencari informasi ternyata disemua hotel tsb jarak ke MRT cukup jauh dan bahkan tidak ada #gak mampu naik taxi terus mahal…# dan ada juga yang reviewnya kurang bagus, kecuali yang Hotel benito ini hotel sangat direkomendasi karena tempatnya strategi tetapi pasti bertanya kok gak pilih nih hotel? Jawabanannya dibawah ya.

Setelah mencari informasi sana sini di mbah google akhirnya aku putuskan gak jadi di hotel turun peringkat ke Apartment orang Indonesia. Ada beberapa apartment yang direkomendasi dihongkong daerah causewaybay letaknya di Haywood mansion yang punya ibu lily, tapi ternyata jarak apartment ke MTR cukup jauh 10-15 menit jalan kaki, lalu aku putuskan batal aja deh karena kita udah capek jalan-jalan lalu pulang juga butuh jalan jauh ke apartment takutnya malahan kaki copot semua nantinya #sedih mau tinggal dimana nih dihongkong, masa ngemper di jalan.

Akhirnya perjuangan mencari penginapan murah di Hongkong mencapai titik yang mengembirakan saat aku tahu ada yang namanya GuestHouse (semacam losmen namanya kalau di Indonesia) dan terdapat 5 Guesthouse yang sangat direkomendasikan yaitu Hop inn, Golden Crown, New Yui Fai, Cosmic Guesthouse dan USA Hostel nah semua guesthouse ini ada plus dan minus-nya. Tapi ternyata aku sudah jatuh hati ke Golden Crown Guesthouse (untuk reviewnya baca disini), ini guesthouse murah banget dan dekat MTR tinggal jalan 2 menit saja dan yang terpenting dapat kamar agak besar 2 ranjang bisa tidur 4 orang coba bandingkan dengan Hotel benito 1 ranjang queen size (2 orang) dengan harga yang lebih murah di Golden crown pastinya #loncat-loncat kegirangan.

Untuk Hotel Macau sebenarnya dari awal pinginya sih nginap di Hotel Sintra, ini karena hotel sintra kemana-mana dekat tetapi setelah dicek harga per malamnya wow cukup menguras budgetku #tepok jidat# akhirnya singkat cerita aku pilih hotel Regency Taipa Macau, lebih murah dari hotel-hotel lain plus dapat sarapan pagi.

Selanjutnya hotel disingapore pertama-tama maunya menginap di Fragrance Bugis didaerah Bugis tapi setelah cek map, ternyata cukup jauh jalan kaki ke MRT Bugis kira-kira 10menit karena itu aku putuskan untuk tinggal didaerah balestier, daerah yang dulu aku pertama kalinya datang ke Singapore jadi tidak merasa asing disana dan yang paling penting jalur bus disana lengkap dan didepan hotel persis.

3. Tempat Wisata dan Transportasi

Tiket pesawat sudah ditangan dan penginapan sudah booking, nah sekarang harus tahu dong mau kemana aja nantinya dihongkong. Tempat-tempat yang wajib dikunjungi Ngoping village dan Tian Tian Budha, Disneyland dan Ocean Park, The Peak, Avenue of star, Ladies Market dll untuk lengkapnya baca kelanjutan chapterku ya.

Nah karena judulnya jalan hemat maka disana kita kemana-mana selalu mengunakan public transportasi hongkong (MTR,BUS dan Ding Ding Tram) karena kalau pake taxi budget-nya sayang banget, bisa untuk beli oleh-oleh jumlahnya. Eits… tenang public transportasi di Hongkong sudah canggih, aman, nyaman pokoknya top markotop dah #kapan ya Indonesia bisa kayak gini menghayal#. Dan yang aku senang kalau kita jalan tidak ikut tour adalah semua jadwal perjalanan sesuai keinginan kita, kita mau apa, makan dimana, shopping berapa jam #jempol keatas# bisa merasakan suasana local setempat, jalan di trotoar yang nyaman, bersih, tidak ada preman, tidak ada pengemis, tidak ada sampah, petunjuk jalan dimana-mana dan semuanya teratur #menghayal lagi kapan Indonesia kayak gini.

4. Jalan-jalan dengan rombongan

Jalan dengan rombongan 6 dewasa,1 anak 3 tahun,1 balita 2 tahun kurang dikit kayak gini juga berbeda caranya dengan waktu aku jalan 4 orang dewasa pada waktu ke Singapore dan Malaysia tahun 2010 lalu. Bedanya terletak pada semakin banyak orang, maka semakin banyak mau-nya apa lagi ada 2 anak kecil #tepok jidat lagi# ini memerlukan strategi yang berbeda pastinya pada waktu jalan-jalan nantinya. Yang paling kelihatan juga bedanya adalah dulu pas di Singapore selalu dimulai pagi hari keluar hotelnya jam 7 atau 8 pagi kita sudah siap untuk jalan-jalan nah karena ada anak kecil kita harus undur jamnya sampai jam 9 atau jam 10 #masih ngorok semua kalau pagi-pagi soalnya#. Dan juga jadwalnya jangan padat-padat agar anak juga gak kecapaian begitu juga dengan orang dewasanya.

Semua catatan perjalananku ini, ku buat semata-mata untuk membagi pengalaman jalan ke luar negri, karena mungkin anda-anda sekalian yang mempunyai hasrat yang sama dengan saya tetapi mempunyai ketakutan-ketakutan seperti “ahh… gimana kalo nyasar disana?”, “aku hanya isa bahasa indonesia aja gimana dong, ingris sih yes dan no aja?”, “capek ah jalan sendiri lebih enak ikut tour?” dan ketakutan-ketakutan lainnya yang membuat kita tidak punya nyali lagi. Karena itu dengan berbagi informasi ini aku berharap agar dapat menyemangati anda-anda sekalian untuk berani dan tidak takut lagi. Semangaat....

Daftar Perjalanan kami (langsung di-klik saja) :

Liburan Hongkong - Hari 9
Liburan Hongkong - Hari 10

Artikel Terkait..

1. terima kasih atas artikelnya, membantu sekali www.facebook.com/fiestaindonesia/

2. This comment has been removed by a blog administrator.

3. Halo, aku mau tnya kalo apartemen patterson building dicauseway bay hkg jln ke mtr jauh gak yah, tq

1. maaf baru bisa balas. aku pernah ukur dalam menit sih kalo jalan kaki santai 15 menit lah. tapi ini baru sampai gerbang mtr nya blum di hitung turun ke area keretanya sekitar 5-10 menit lah jadi ya lumayan jauh menurut aku. dibanding tempatku golden crown itu sangat dekat jaraknya hny 1 menit dan sampai kereta 5 menit aja

4. Tq infonya kak, kalo mau book di golden crown gmna caranya? Aku mau pergi seklg ber5 dgn 3anak diatas 12th...tq

1. lgs aja via websitenya http://www.goldencrownhk.com ikutin aja sistem reservasinya, nanti di cek sama dia apa msh available ato tidak. jika kamar tersedia maka dia akan kirim email balasan dan disuruh bayar DP dulu lewat paypal dan ini butuh kartu kredit untuk proses bayar nya. coba reservasi 4 atau 3 bulan sebelum berangkat jgn mepet2 karena sangat banyak yg berminat nih guesthouse.

5. Tq infonya kak, kalo mau book di golden crown gmna caranya? Aku mau pergi seklg ber5 dgn 3anak diatas 12th...tq

6. Tq infonya kak, kalo mau book di golden crown gmna caranya? Aku mau pergi seklg ber5 dgn 3anak diatas 12th...tq

7. This comment has been removed by a blog administrator.

8. Mantaaapp, artikelnya sangat membantu sekali dan artikelya sangat mudah di pahami, makasih banyak infonya gan :)

9. Wah lengkap sekali cerita liburan HKnya. Boleh juga dong sharing review penginapan

I Hope this will be a useful for the reader!