Wednesday, May 17, 2017

Trip Jogja : Taman Sari - Taman Pintar - Malioboro - Surabaya Hari 4 & 5

Taman Sari Yogyakarta
Badan masih lelah sebenarnya karena kemarin perjalanan cukup menguras tenaga, tetapi pagi kami dah bangun dan harus menyiapkan perjalanan kami selanjutnya. Seperti biasa sarapan sudah tersedia tetapi karena aku lupa menulis untuk antar dikamar maka sarapan di taruh di meja dekat kolam renang, tetapi kami pikir ok lah makan di ruangan terbuka sekali-sekali.
Setelah sarapan dan mandi makan jam 9 kami melanjutkan liburan kami ke Taman sari, seperti biasa aku ikut aja petunjuk dari Google map dan kami pun sampai di parkiran, sebenarnya cukup bingung mencari parkir karena sepertinya tidak ada parkir resmi nah waktu itu aku hanya lihat ada tulisan parkir untuk taman sari ya asal masuk saja dan ternyata ini parkiran adalah kawasan para abdi dalam keraton dan kamipun menyewa guide, pertama sih minta 50rb tetapi karena aku baca blog dan banyak yang bilang 30rb maka beliau mau karena beliau termasuk abdi dalam jadi tidak boleh nolak rejeki beliau bilang hehe... #baik amat ya#

Kami di guide dari awal sampai akhir, beliau baik banget menjelaskan semua tentang sejarah dari Taman sari ini.

Perkiraan aku sebenarnya hanya 1 jam untuk lihat Taman sari ini, tetapi ternyata menggunakan guide menjadi lama karena setiap tempat di jelaskan secara rinci dan waktu itu para kiddos sudah pada bosan karena panas dan gerah. Dan kamipun sampai di 1 toko yang menjual baju dagadu jogja klo dilihat kualitas sih bagus jadi kamipun beli dan akhirnya selesai tepat jam 12 siang, tetapi guide ini tidak menyerah juga ternyata dia mau ajak kami untuk lihat2 bakpia tetapi karena sudah siang maka akupun bilang kami harus cari makan.

Waktu itu bingung mau makan, akhirnya aku putuskan mencoba bakmi jogja dan juga ini tempat makan cukup dekat dengan Taman Pintar. Dari Taman sari juga dekat kok hanya butuh waktu 10 menit kami sudah sampai di Bakmi Jogja, dan menu nya ternyata hanya 2 saja yaitu Bakmi kuah atau bakmi goreng.

Setelah kenyang kamipun melanjutkan ke Taman Pintar, dan Sesampainya disana aku bingung nih parkiran dimana ya. Aku sampai puter puter 2x untuk mencari tau dimana tempat parkiran ya, dan ternyata parkir nya di area gereja atau di samping persis Taman Pintar, ini kami tau karena kami bertanya kepada orang di sekitar area itu.
Masuk Taman Pintar pertama bingung kok gak seperti Foto foto yang ada di instagram, tetapi setelah sampai di bagian pembelian tiket maka baru sadar jika kami harus beli tiket untuk nonton angkasa dan ke gedung oval+kotak.

Taman Pintar

Pertama yang kami masuk adalah ruang observatorium ini kita nonton penjelasan tentang angkasa, puas lanjut ke gedung oval dan kotak disana banyak yang bisa dilihat anak-anak pada senang sekali karena di dalam terdapat alat-alat praga tentang ilmu pengetahuan dan yang paling seru bagian gempa kita bisa merasakan gimana gempa 6-8 skala ricter.

Suasana Maliobor malam hari

Jam 4.30 sore kamipun selesai di Taman Pintar ini dan melanjutkan menuju ke Malioboro untuk belanja kembali karena kemarin rame dan anak2 rewel jadi terganggu belanja nya.

Perjalanan dekat hanya 10 menit dan kami sampai di Malioboro Mall, karena low season jadi cari parkir gampang dan langsung kami ke area Malioboro nya, cukup lama kami belanja disana dan jam 7 kamipun makan di Mcd area Malioboro mall sebenarnya mau coba makan angkringan Tp para kiddos lebih milih Mcd hehe...

Kenyang kamipun kembali ke homestay untuk beristirahat dan packing kembali karena besok kami akan pulang, tidak lupa kami meminta sarapan untuk besok pagi sebelum kami berangkat.

Hari kelima

Ini hari terakhir maka kami bangun pagi karena ada beberapa barang yang belum selesai packing dan karena aku harus putar 2x mobil jadilah kami berangkat lebih awal yaitu jam 8 pagi. Aku bawa dulu koper2 ,mama mertua, Ce Deby agar mereka menjaga koper tsb di stasiun. Sebenarnya perjalanan ke stasiun kereta itu dekat tetapi karena aku tidak tau area masuk nya jadi harus putar2 sampai 5x untuk mencari area drop off penumpang dan akhirnya mengerti kalo harus masuk dulu di area parkir dan nanti akan ketemu area drop off yang belum jadi karena masih dalam tahan renovasi.

Kemudian aku kembali ke homestay untuk mengambil penumpang lain nya dan janji sama yang sewa mobil untuk mengambil mobilnya di area parkir stasiun kereta api.

Tiket sudah diurus sama ce deby jadi setelah kembali mobil kami rombongan masuk ke area dalam untuk menunggu kereta Ranggar Jati yang akan membawa kami ke Surabaya.

Ranggar Jati Jogja - Surabaya

Tempat duduk luas kok, hanya banyak yang rusak sih...

Kamipun membeli makanan dan jajan diarea stasiun agar di kereta kami tinggal makan. Dan jam 12 kurang kereta datang dan kami rombongan dengan agak susah masuk ke kereta karena barang yang kami bawa cukup banyak tetapi untung lah semua masuk dan tidak ada yang ketinggalan, 10 menit kemudian kereta Ranggar jati berangkat ke surabaya.

Itulah pengalaman kami rombongan dgn jumlah 6 dewasa dan 5 anak2 klo ditanya repot?jawaban nya pasti repot tetapi kami sangat menikmati semua nya begitu juga dengan anak2.