Tuesday, May 2, 2017

Persiapan Liburan panjang 2017




Akhirnya bisa tulis blog lagi setelah sekian lama mogok #malas_tepatnya. Nah awal tahun 2017 aku mengambil cuti sendiri alias tutup toko #huhuhu... karena dalam 1 tahun itu 9 bulan toko rame dan 3 bulan juga rame sih sebenarnya hahahha tapi ya masih bisa untuk ambil cuti paksa #liburrrrrr.

Kebetulan keluarga di KL ngajak ke yogya, setelah di ingat-ingat udah hampir 4 tahun yang lalu aku pertama ke yogya bersama keluarga setelah adikku nikah, lalu dipikir gpp lah dulu ngekor keluarga jadi belum tau seluk beluk yogya, tetapi sekarang full urus sendiri dari hotel sampai nyetir mobil sendiri.

Nah mulailah bulan februari berburu tiket, hotel dll serta seperti biasa membuat iternary alias jadwal. Awal mula sih rencana 5 hari 4 malam tetapi setelah dipikir kok rasanya kelamaan nah jadilah deal 4 hari 3 malam. Banyak cari info tentang yogya karena bener-bener buta, dulu pertama pergi aku hanya ngekor jadi hanya tau candi borobudur, candi prambanan dan malioboro selebihnya ikut aja karena buta informasi maka mulailah banyak baca blog traveling.

Hal pertama yang aku cari adalah hotel yang dekat malioboro, dan seperti biasa hny pakai 2 jagoan saya yaitu agoda dan booking. Setelah mencari dan mencari selama 1 bulan akhirnya di pilih 2 hotel yaitu Grage Ramayana Hotel, Abadi Hotel. Grage Ramayana Hotel itu letaknya sangat strategis banget 5 menit ke jalan Malioboro dan yang terpenting tersedia kamar triple room dgn harga yang murah abis, sedangkan Abadi Hotel ini 15 menit ke jalan Malioboro dan di depan persis stasiun kertea api yogya.

Karena letak yang strategi maka booking-lah Grage Ramayana Hotel dan awalnya rombongan hanya 2 keluarga saja jadi butuh 2 kamar, tetapi awal bulan maret ternyata ada keluarga dari surabaya juga mau ikut jadilah harus tambah 1 kamar lagi jadi total rombongan jadi rame 3 keluarga ^_^ dengan komposisi 6 dewasa dan 5 anak-anak hehe.... bakal rame dan seru nantinya, karena ini pengalaman pertama saya juga bawa para kiddos yang banyak di tempat wisata.

Dan sampailah bulan april, setelah aku lakukan cek ricek ternyata pada waktu booking kartu kredit yang aku pakai terkena limit #tepokjidat. jadilah harus aku batalin hotel Grage Ramayana-nya dan mulai lagi pencarian hotel dan sisa 1 hotel yang menjadi kandidat waktu itu yaitu Abadi Hotel, tetapi karena hotel ini terlalu dekat dengan kereta api jadi ada rasa takut sendiri bahwa hotel ini akan bising dgn suasana station kereta api tersebut.

Hotel dengan kamar triple itu cukup sulit dicari karena sangat jarang hotel menyediakan nya apalagi di dekat jalan Malioboro, kalau pun ada pasti harganya selangit hehe... maka butuh waktu aku untuk mencari hotel penganti tersebut. Dan akhirnya setelah mengobok-ngobok booking.com dapat satu homestay yang jauh dari jalan Malioboro tetapi review nya bagus, memang kelemahannya hanya 1 saja sih yaitu homestay ini jauh dari jalan Malioboro dan jalan besar, akhirnya memberikan informasi ke rombongan bahwa kami akan pindah hotel dan hotel tersebut tidak di jalan Malioboro dan karena memang pertimbangan juga kami ada mobil sewa maka kami putuskan kami mencoba homestay tersebut. Menggunakan booking.com tertulis tanpa menggunakan kartu kredit dan pembayaran bisa langsung di hotel, tetapi ternyata dari pihak hotel menelepon harus melakukan dp 30% dan setelah dipikir2 pasti berangkat ya sudah aku bayar saja dp nya.

Hotel akhirnya selesai, kemudian urus tiket pesawat dan seperti biasa didaerah ku tidak banyak pilihan maka tetap setia sama singa merah. Dan dari bali kami memilih airasia karena memang harga yang sesuai dan jam yang cocok.

Karena rangkap jabatan jadi agent travel maka bisa cari tiket kereta api, tetapi karena tidak punya pengalaman naik kereta api versi baru lho kok versi baru, yup dulu waktu ke yogya sih pernah naik kereta api tetapi masih yang versi lama tidak seketat sekarang dan sebagus sekarang. Nah dulu pernah rasakan naik Sancaka pagi dan sore, tetapi aku tidak suka dengan waktunya yang pada waktu pergi terlalu pagi dan pulang terlalu malam maka akupun mencoba kereta Ranggarjati karena baca-baca sih ini kereta baru dan jurusan baru juga. Aku booking langsung dari website travel ku sendiri jadi mudah dan tidak ribet.

Beres masalah tiket dan hotel lanjut ke koper bawaan, nah rencana awal nya sih bawa 1 koper besar, 1 koper kabin, tas ransel dan stoller tetapi setelah isi baju dll kok kurang ya maka koper kabin di ubah jadi koper besar karena ada jatah dari singa merah 30kg dan airasia 45kg.

Itulah persiapan aku untuk liburan ke yogya, eits tulisan kali ini belum selesai karena masih ada 1 liburan lagi yaitu trip Surabaya-Bali-Lombok-Dompu dan ini perjalanan darat terpajang bersama keluarga besar ku kali ini.

Hotel bali sempat gonta-ganti dari daerah Legian pindah ke daerah seminyak, nah karena seminyak jika lihat2 trafik di google map wah parah habis macetnya jadi pindah lagi ke daerah Kuta dan akhirnya pilih Hotel Kuta Central Park.

Untuk hotel lombok setelah pilih sana sini akhirnya kembali menginap di hotel waktu aku seminar dulu yaitu Gading guest house alasan utamanya karena ini hotel tengah kota dan murah banget.

Nah itu lah semua persiapan kami untuk liburan panjang tahun ini, banyak yang akan terjadi karena ini perjalanan terpanjang dan terlama kami.



Artikel Terkait..

No comments:

Post a Comment