Saturday, November 14, 2015

Hari ke 3 : Bangkok (Grand Palace – Wat Pho – Somboon Seafood – Asiatique)

Seperti biasa jam 6.30 pagi kami dah bangun dan sarapan, nah karena hari ini hari yang berat maka sarapan kami kali ini harus bener2 kenyang. Dan tepat jam 8 pagi kami rombongan sudah siap berangkat ke tujuan pertama kami yaitu Grand palace.

Pekerjaan pertama kami adalah mencari taxi, dan kebetulan ada 1 taxi yang mangkal di depan hotel yang berjenis mobil innova dengan kapasitas penumpang 7 orang, nah pertama nego dengan supir dan dia buka harga 300 bath, weleh mahal banget, nah karena 1 taxi kecil saja max harganya 100 bath jadi untuk 2 taxi 200 bath, tawar menawar sengit di mulai dan kita buka harga 200 bath langsung dan lamaaa itu supir tidak mau, lalu kita coba nanya supir taxi lain dan hasilnya mahal2 ada yang minta 200 bath ada yang minta 300 bath dan yang terakhir 150 bath dan semua taxi kecil, akhirnya supir taxi innova menurunkan harga jadi 250 bath tetapi kami tetap lawan 200 bath hasilnya gak mau hihi… Setelah 30 menit lewat dan aku pikir ini buang waktu juga akhirnya aku ambil taxi inova yang 250 bath mahal sedikit gpp lah, dan kami semua berangkat ke Grand palace.

Sesampai di Grand Palace kami semua rombongan langsung masuk dan aku bertugas membeli tiket masuk, harga tiket masuk Grand Palace adalah 500 bath untuk dewasa dan anak2 masih gratis dan karena tidak ada antrian maka setelah membeli tiket kami langsung masuk. Pada waktu masuk kami semua rombongan di periksa pakaiannya karena memang untuk dapat masuk kami harus memakai baju lengan pendek yang rapi (tidak boleh ketat), dan celana panjang yang rapi (tidak boleh ketat) dan bisa pakai sandal yang rapi ataupun sepatu. Karena sejak awal rombonganku dah aku kasih info maka pemeriksaan awal kami tanpa kendala.

Kawasan Grand Palace ini luas banget, tetapi yang hanya boleh di masuki adalah area candi2 indah yang dilapisi oleh emas. Banyak sekali spot2 foto yang bagus disana tetapi karena terik matahari kami cukup terkuras tenaganya, tetapi untung banget di tengah2 candi terdapat tempat istrahat bagi pengunjung dan jadilah kami semua bergiliran untuk berfoto ria. #Warning: Banyak foto#

Sesuai perkiraan aku butuh waktu 4 jam untuk berfoto ria di area grand palace ini, karena banyak sekali spot2 bagus. Dan setelah puas kamipun melanjutkan perjalanan kami ke Wat pho dengan berjalan kaki, perjalanan keluar dari Grand palace ini juga cukup jauh ternyata dan seperti biasa kita harus berhenti sejenak di toilet hehe….

Wat pho cukup dekat dari Grand palace kira2 jalan 300-500 meter, dan dalam perjalanan kami sempat juga berbelanja celana khas Bangkok dan juga tas Naraya yang cukup dikenal disana, dan karena keasikan belanja dari cuaca yang terik berubah menjadi mendung dan kamipun cepat2 bergegas menuju ke Wat pho tetapi apa daya ditengah perjalanan hujan deras turun, memang kami sudah membekali diri dengan payung tetapi hujan cukup deras dan kami mencari tempat untuk berteduh. Dan kebetulan sekali kami menemukan warung tenda pinggir jalan yang menjual nasi goreng seafood, dan kamipun berteduh sekalian mengisi perut karena hari sudah siang. Sambil makan dan menunggu akhirnya hujan menjadi gerimis kecil dan karena sudah selesai makan kamipun segera bayar dan melanjutkan perjalanan kami ke Wat pho.

Update: Habis borong tas Naraya pas mau ke Wat pho

Update: Warung tenda waktu kami kehujanan
Sesampai di Wat pho aku langsung membeli tiket dengan membayar 100 bath utk dewasa dan anak2 masih gratis, dan dengan tiket tersebut kami sudah mendapatkan 1 botol air mineral gratis. Karena masih gerimis kamipun mencari tempat berteduh di sekitar Wat pho, dan ternyata tidak ada terpaksa kami berteduh di pinggir bangunan Wat pho sambil kami bergantian masuk ke gedung tempat patung Budha tidur berada.

Puas foto2 dan juga sesuai jadwal kami memang akan pulang dulu ke hotel untuk mandi dan istrahat karena malam kami akan makan kepiting Bangkok #asikkkk makannn#. Dan setelah keluar dari Wat pho kamipun mencari taxi lagi, dan seperti biasa sulit mencari taxi yang mau pakai meter harus tawar menawar dan karena kami pergi dengan harga 250 bath maka itu patokan kami, dan setelah berjuang akhirnya deal 1 taxi kecil 150 bath dan ini memang mahal tetapi karena masih keadaan gerimis jadi posisi tawar kami kurang bagus.

Karena sudah sore dan jalan sudah mulai macet #wah sama kayak Jakarta dong#, supir taxi mencarikan jalan2 potong yang sangat berliku2 dan dengan cukup lama akhirnya kami sampai juga di hotel, langsung kami bergegas mandi dan istrahat sebentar.

Jam 6.30 mlm kami keluar dari hotel dan ini meleset dari jadwal yang sudah aku buat #badan capek jadi lupa waktu# dan kami langsung mencari taxi, tetapi tidak ku sangka ternyata kebanyakan taxi tidak mau jurusan Siam paragon karena mereka harus memutar taxinya #arah yang berbeda soalnya# setelah berjuang akhirnya kamipun memutuskan untuk berjalan ke arah BTS dan selama berjalan aku baru sadar jika tempat makan malam lokal yang enak2 ada di sekitar area BTS Ratchathewi. Kembali kami mencari taxi dan karena masih suasana pulang kantor jadilah jalan semua pada macet setiap nanya taxi semua pada tidak mau karena rute yang terlalu pendek dari hotel ke Siam paragon.

Lalu kami rembukan karena jam sudah 7 mlm dan perut juga sudah lapar, aku putuskan untuk naik BTS saja dan ini keputusan yang pahit karena BTS di Bangkok tidak cocok untuk ortu karena harus naik tangga yang cukup tinggi. Dan setelah berdebat dan juga tidak ada cara lain akhirnya para ortu mencoba naik pelan2 dan sambil istrahat dan syukurlah mereka kuat naik tangga.

Langsung aku membeli tiket seperti sebelumnya dan tujuan kami adalah BTS Siam dan sangat dekat karena pemberhentian cuma 1 stasiun saja. Tujuan kami adalah Mall Siam Square one dan tepat di sebelah pintu exit BTS langsung menghubungkan dengan mall tetapi karena informasi arah yang kurang bagus dan lengkap #tidak seperti di Singapore atau di hongkong soalnya# maka ternyata aku salah masuk mall, Setelah keliling 5x tuh mall kok tidak ketemu2 tuh rumah makan Somboon Seafood yang terkenal tersebut. Akhirnya kamipun bertanya ke satpam dan baru tahu ternyata kami salah masuk mall, kami masuk mall Center Square one #tepok jidat dah#

Somboon seafood terletak di Mall Siam square one lantai 4 dan gampang mencarinya, setelah sampai kamipun masuk tanpa antrian dan suasananya cukup mewah.

Nah karena sudah jam 8 malam jadilah kami semua kelaparan dan sampai2 aku lupa foto makanan yang kami pesan #tepok jidat deh#. Untuk aku pribadi dan rombongan makan di Somboon seafood tidak suka dan tidak akan datang lagi, Kenapa? Karena dari segi rasa kepiting curry crab nya tidak ada yang istimewa sama sekali #lebih enak yang di Surabaya malahan whew..# dan menu ikan juga tidak ada yang istimewa dari rasa dan bentuknya, serta tidak ada 1 pelayan pun yang bisa bahasa inggris,  jadilah kamipun kesulitan dalam memesan makanan dan untuk total penilaian aku sih 6 dari 10 point.

Selesai makan kamipun melanjutkan perjalanan kami ke Asiatique dari Siam kami naik BTS Siam menuju ke BTS Saphan Taksin dan di BTS Saphan Taksin cari exit yang menuju ke Central pier dan karena sepi sudah jam 10 malam jadilah kami kebinggungan dimana letak pier nya dan aku sempat bertanya ke salah satu pegawai hotel dan dia menjelaskan piernya terletak di ujung kiri dan tinggal tunggu boat yang ke Asiatique gratis. Setelah tunggu 15 menit akhirnya boat yang menuju ke Asiatique datang dan kami langsung naik

Perjalanan hanya 15 menit dan kami sampailah di Asiatique, suasana cukup sepi mungkin karena sudah malam. Tas ransel ku kebetulan putus pada waktu di BTS saphan taksin tadi jadilah agak ribet juga bawanya dan juga cukup terheran2 karena kenapa kok bisa putus whew...

Aku tidak terlalu meng-explore Asiatique karena sepanjang mata aku melihat hanya ada tempat makan dan resto2, ada juga tempat belanja tetapi karena sudah malam dan capek jadi kami sudah tidak ada niat lagi untuk belanja. Setelah puas foto2 ria kamipun memutuskan untuk pulang karena jam sudah 11 malam dan jalan tercepat adalah dengan naik taxi. Sebelum pulang yovan sempat  minta ice cream

Aku langsung mencari taxi dan ketemu 1 taxi yang mau sesuai harga ku yaitu 150 bath dan aku suruh langsung rombongan adikku yang naik, lalu aku cari taxi lagi dan ternyata sulit mereka tidak mau harga segitu jadilah kami jalan2 keliling menelusuri trotoar dan akhirnya kami sampai di tempat pemesanan taxi berbayar, jadi cukup bayar 20 bath maka taxi diwajibkan untuk memakai argo meter. Langsung aku bayar kamipun berangkat pulang dan dalam perjalanan sudah sepi karena sudah jam 11 malam lebih dan anak2 sudah pada tidur semua #whew capek perjalanan untuk hari ini#.