Monday, December 9, 2013

Liburan Hongkong - Hari 9


05 NOV 2013 , SINGAPORE FULL DAY



Karena malam juga tidur tengah malam, jadinya pagi kami semua telat bangun terutama keluarga adikku. Yang rencana kami keluar jam 9 ternyata kami keluar jam 10 lebih #aduh… telat banget dah# nah setelah semua siap kami berangkat dan tujuan pertama kami adalah ke Sentosa Island, dari depan hotel kami naik bus no. 145 langsung sampai di depan Vivocity. Perjalanan menggunakan bus ini cukup lama hampir 30menit lebih di dalam bus sampai ngantuk sendiri karena nyamannya public tranportasi Singapore dan semuanya gampang #kapannnnn Indonesia kayak gini….# 

Rute kami dari value hotel balestier ke vivocity. sumber: gothere.sg


 Akhirnya kami sampai juga di vivocity dan langsung naik ke lantai 3, dan untuk pertama2 kita makan dulu di foodcourt republic. Disana kami kebanyakan makanan local dan memang enak rasanya, setelah kenyang banget kami melanjutkan untuk pergi ke Sentosa Island tapi sebelumnya aku beli dulu tiket trainnya seharga SGD 4 per orang. Perjalanan naik train ke Sentosa cukup dekat dan sampailah kami di Water station dan disini tempatnya Universal Studio yang terkenal itu, langsung kami ke bola universal untuk berfoto ria dan kami disini bisa dibilang sangat singkat sekali tidak kemana2 hanya ke bola dan ke toko coklat Hesney setelah itu kami kembali ke vivocity dan melanjutkan perjalanan kami.



Tujuan kami selanjutnya adalah Marina Bay Sand yaitu Mal, Kasino dan Hotel yang super megah. Naik bus no 93 tujuan Marina bay Sand dan kami turun persis didepan convension center mal-nya, nah karena tujuannya ke Garden by the bay yaitu wisata alam buatan baru Singapore jadilah kami harus berjalan cukup jauh melewati bypass underground Marina bay sand. Memang semua fasilitas dibuat sedetail mungkin demi kenyamanan turis2 yang datang lalu sampailah kami didepan Garden by the bay. Tetapi karena hari ini cukup panas terik jadilah kami harus jalan ke arah tengahnya tetapi rombongan sudah gak sanggup untuk melanjutkan perjalanan akhirnya kami hanya berfoto ria di jembatan dan kembali lagi ke Mal untuk mencari AC.




Cukup lama kami beristirahat di Mal marina bay sand, setelah puas akhirnya sore kami melanjutkan perjalanan kami ke Patung Merlion.


Kopi Nescafe termahal yang kami beli di Singapore seharga SG$ 2 per kaleng

Caranya gampang yaitu:
  1. Dari stasiun Bayfront naik kereta ke arah Marina bay (jalur kuning) dan turun di Marina bay untuk berganti kereta.
  2. Dari stasiun marina bay naik kereta ke arah jurong east (jalur merah) dan turun di Raffles place dan keluar di Exit H.


Kemudian kami jalan menuju patung merlion tetapi ternyata waktu itu mendung sudah sangat pekat sekali dan ditengah perjalanan kami bertemu dengan engko2 penjual es krim roti yang terkenal itu. Lagi enak2 nya kami makan nih es krim ehhh hujan besar datang dan akhirnya kami semua mencari tempat untuk berteduh karena membawa anak2 juga soalnya. Hujannya sangat besar sekali dan cukup lama kami menunggu sampai berhenti, tetapi ternyata hujan hanya berubah jadi gerimis saja. Papa coba2 ternyata gerimisnya kecil dan karena tidak membawa payung, cukup menggunakan kantong plastik taruh di kepala kami berjalan kearah patung merlion, dan akhirnya kami sampai juga di area patung tsb #whew… perjuangan juga hujan2 ke sana..#.

Sesampai disana syukur kepada Tuhan akhirnya hujan sempat berhenti jadilah kami semua narsis foto2 diarea tersebut






Setelah puas berfoto ria kami melanjutkan perjalanan kami ke Chinatown, tetapi karena pada waktu kami mau masuk stasiun ehh ternyata hujan kembali cukup besar dan akhirnya kami berubah haluan dan memilih untuk ke Bugis street aja.

Cara kesana cukup mudah yaitu:
  •   Masuk exit H dari stasiun Raffles place dan naik kereta ke arah stasiun pasir ris (jalur hijau) dan turun di stasiun Bugis dan nanti cari aja Exitnya mengarah ke Bugis junction.

Disini banyak yang jual jajanan2 yang cukup enak dan waktu itu kami hanya beli terang bulan isi kacang #lebih enak Indonesia kalau yang ginian# dan keluar mencari Bugis street.

Foto di Depan Bugis Junction. Sumber: Foto diambil pada waktu honeymoon

Foto suasana Bugis Street. Sumber: Foto diambil pada waktu honeymoon

Di Bugis street kami hanya mencari baju I lv Sg saja kok dan juga mencari pernak pernik yang unik dan jam yang murah meriah #borong…borong…#. Kami disana juga cukup lama berbelanja karena memilih gambar, warna dan ukuran dan setelah semua rombongan puas kami mengambil keputusan untuk pulang ke hotel saja untuk packing koper dan istirahat juga. Dan karena aku lupa jalur busnya (sempat riset jalur bus untuk daerah ini, tetapi lupa dicatat heheh…) untuk daerah bugis akhirnya muter2 cari rute bus yang mengarah ke hotel dan yang tidak enak waktu itu masih gerimis juga, jadi bawa anak2 gerimis juga cukup tidak nyaman karena takut mereka sakit (anak2 masih menggunakan jaket sih) dan setelah aku muter ternyata tidak ada jalur yang bagus akhirnya aku putuskan kita naik MRT aja ke arah orchard MRT trus dari sana kita naik bus langsung turun hotel, dan ternyata cara ini manjur biarpun sedikit putar2, tetapi mau gimana lagi karena uang Singapore sudah sekarat jadi pilihan tetap transportasi umum yang murah banget.

Jalur muter2 kami waktu itu:
  1. Dari stasiun Bugis naik kereta ke arah Joo Koon (jalur hijau) dan turun di stasiun Raffles place untuk berganti kereta.
  2. Dari stasiun Raffles place naik kereta ke arah jurong east (jalur merah) dan turun di stasiun Orchard dan keluar di Exit B, lalu naik bus no.124 langsung turun di depan hotel kami.
Rute dari Bugis Station ke Orchard Station




Rute Bus kami ke Hotel Balestier Road. Sumber: gothere.sg


Sesampai di hotel kami semua kembali packing ulang koper2 kami agar pagi2 kami sudah siap untuk berangkat pulang ke Surabaya.

Total pengeluaran:
Tiket ke sentosa : SG$ 4 x 7 orang = SG$ 28
Makan Es krim di encik2 : SG$ 1.2 x 7 orang = SG$ 8.4
Makan kisaran SG$3 - SG$7

 Klik untuk kembali membaca: Liburan Hongkong - Hari 8

Klik untuk lanjut membaca: Liburan Hongkong - Hari 10 (Tamat)

Artikel Terkait..

No comments:

Post a Comment