Monday, December 9, 2013

Liburan Hongkong - Hari 10 (Tamat)

06 NOV 2013 , SINGAPORE – SURABAYA

Penerbangan: Airasia – QZ8502
Tujuan: Singapore(SIN) – Surabaya(SUB)
Waktu: 11.10AM – 12.20PM
Harga:  SGD 73 /orang + SGD 25 /bayi

Bangun pagi2 sekali dan mulai mempersiapkan untuk proses check out, setelah koper dilobby semua proses check out cepat dan waktu itu aku juga meminta bantuan resepsionis untuk menelepon 2 taxi akan tetapi si resepsionis menyarankan kepada ku untuk menggunakan 1 taxi besar dengan harga SG$ 60 dan aku menyetujuinya.
Tunggu lama juga waktu itu kok gak datang2 nih taxi dan untung juga aku check out awal jadi waktu juga masih panjang sekali, akhirnya jam 8 pagi taxi tersebut datang juga dan kami diangkut semua + koper2 kami semua. Perjalanan kami ke bandara tidak ada kendala yang berarti, kami naik mobil van besar yang nyaman sekali tapi tidak sebagus yang pertama kami datang sih (maaf tidak ada fotonya).

Kami diturunkan di terminal 1 bandara international Changi, dan kemudian kami mencari counter check in airasia dan seperti biasa airasia berada di ujung counter. Setelah kami sampai di counter airasia ternyata untuk rute Surabaya belum di buka, jadinya kami tunggu sebentar.

Koper dan tas beranak pinak tambah banyak nih hehe...

Troli kedua dengan keadaan yang sama hehe...

Jam 9 lewat kami akhirnya diperbolehkan untuk antri dan menurutku sistem antrian airasia di Singapore masih sangat buruk sekali, semua tujuan ditumpuk di satu antrian  jadinya waktu itu yang mau ke bandung, Jakarta, yogya potong antrian karena mereka sudah late check in. Setelah nunggu lama banget akhirnya kami check in juga dengan rombongan yang besar dan koper yang banyak, dan setelah selesai juga tuh check in-nya lalu lanjut menuju ke boarding gate dan seperti biasa yang pertama kami hadapi adalah pihak imigrasi.

Imigrasi lancar lalu kami jalan cukup jauh untuk menuju ke gate kami yang seperti biasa pula terletak di ujung sekali, sebelum masuk kami di cek semuanya dari jaket, tas, tab Samsung, handphone dll dan syukurlah kami bisa lewat tanpa ada kendala. Agak delay sedikit karena itu kami tunggu di ruang tunggu dan akhirnya kami naik juga di pesawat.

Pesawat take off dari bandara changi dengan mulus sampai diatas, yovan waktu itu langsung tidur karena dia bangun juga kepagian dan kami semua menghabiskan waktu 2 jam diatas dengan tidur. Sempat aku mencoba makanan airasia yaitu Nasi Kuning seharga Rp. 45.000 untuk 1 kotak kecil #mahalnya nih nasi kuning# untuk rasa sih standard banget lah

Nasi kuning manado, ini beli onboard di Airasia

Akhirnya penantian kami sampai juga di bandara international Juanda Surabaya, dan setelah pesawat parkir kami turun dan dijemput bus dan mungkin karena ini rute baru airasia jadilah kami turun disatu kawasan yang tidak jelas dan harus melewati lorong2 kerja dari airasia #aneh banget kami semua penumpang bisa jalan disitu….mungkin rute yang murah kali ya# dan kemudian lapor imigrasi lalu ambil semua barang bagasi kami, syukurlah barang kami tidak ada yang rusak dan ketinggalan dan sesudah itu kami harus di scan oleh bea cukai, karena tidak ada barang berharga proses bea cukai kami lewat lancar jaya dan proses jalan2 selama 10 hari selesai waktu itu juga.

Total pengeluaran:
Makan Nasi Kuning di airasia : Rp. 45.000 x 1 buah = Rp. 45.000

TAMAT

Kata Penutup:
  1. Riset aku selama 2 tahun tidak sia-sia karena data yang aku bawa dan aku pelajari bener2 ternyata hanya meleset 10% saja, jadi acara sedikit nyasar tetap ada tapi gak terlalu lah.
  2. Jujur bawa rombongan besar cukup membuat aku tour leader dadakan menjadi dag dig dug, karena yang aku bawa hanya data saja dan takut terpisah2 karena sangking padatnya orang berlalu lalang dijalan2 hongkong.
  3. Bawa 2 stroller untuk 2 anak kecil ternyata sangat2 membantu kami, kalau ditanya repotkah bawa stroller? Jawabannya repot banget karena disana banyakkan tangga manual daripada escalator tetapi se-repot2nya membawa stroller tetap sangat berguna untuk anak2 tidur dan duduk jadi tenaga mama dan papa juga tidak terkuras untuk mengendong anak2 tsb.
  4. Tujuan ke hongkong sebenarnya untuk belanja, tetapi ternyata salah musim karena waktu dihongkong ternyata lagi peralihan ke musim dingin jadinya banyak jaket dan baju lenggan panjang yang tebal2, begitupun dengan diskon tidak ada yang menarik waktu kami disana.
  5. Kalau ditanya bawa anak repotkah? Jawabannya repot banget, tetapi seru kok karena ada pengalaman2 unik bersama mereka juga, dan sekalian mengajari mereka tentang dunia luar dan berpetualang.
  6. Pendapat pribadi aku belanja di Ladies market sudah kapok banget dah, kalau mau dibilang murah juga tidak menurut rombonganku dan barang yang dijual seperti baju, sepatu dll masih bagusan pasar atom dan ITC Surabaya serta lebih murah di Surabaya pastinya
  7. Kalau ditanya akankah pergi lagi ke hongkong? Jawabannya mau lagi dong karena kangen banget suasana kotanya, hutan gedung2 tinggi dan Disneyland nya, tetapi pergi yang kedua kalinya dibuat lebih santai lagi karena kemarin jadwal makan pagi,siang dan malam sangat amburadul karena kita kerja2an waktu
  8. Pasti ada yang bertanya mana yang murah jalan sendiri atau ikut tour? Jawabannya pasti jalan sendiri biarpun harga tour kadang lebih murah tetapi kita harus lihat setiap detail dari perjalanan tsb, apakah mengunjungi atau melewati, berapa hari di 1 kota, berapa jam disatu area dll masih bnyk. Jadi putuskan sendiri mana yang lebih cocok dengan gaya traveling anda.
  9. Dan tujuan selanjutnya adalah antara Korea, Jepang dan Bangkok jika berjodoh. Jadi tetap menabung dan berburu tiket murah LCC karena disitu juga seninya ^_^ ok deh kalau gitu ditunggu ya cerita selanjutnya penjalanan ku…