Thursday, December 5, 2013

Liburan Hongkong - Hari 7

03 NOV 2013 , HONGKONG

Hari terakhir kami di Hongkong banyak dihabiskan untuk belanja dan bersantai, karena itu jam 9 pagi kita sudah siap keluar dan tujuan pertama kami adalah avenue of star, ditempat itu hanya mau foto sama patung bruce lee dan cap tangan-nya Jackie chan saja kok.

Rute jalan kami dari Losmen ke Avenue of star

Pemandangan di avenue of star sangat-sangat memukau #tidak bisa diungkapkan dengan kata2 harus datang dan lihat sendiri#, hanya agak sayang waktu itu berkabut jadilah jika difoto kurang jelas, tetapi kami cukup terpukau melihat gedung2 tinggi yang ada di Hongkong island yang setelah ini akan kami kunjunngi.

Setelah puas berfoto ria di area avenue of star kami rombongan melanjutkan perjalanan untuk berbelanja yaitu ke H&M, letak H&M ternyata dekat sekali dengan harbour city Mal jadinya kami tinggal jalan kaki dari avenue of star ke H&M.

Rute jalan kami dari avenue of star ke H&M.
Kami baru sadar kalau kedatangan kami bulan oktober dan november adalah bulan peralihan dari musim panas ke musim dingin, karena itu pada waktu kami masuk H&M ternyata sudah cukup banyak jaket dan baju2 lengan panjang dan juga untuk promonya tidak ada yang bagus waktu kami datang kesana, jadilah kami hanya beli barang yg bener2 kami minat saja.

Puas di H&M kami melanjutkan perjalanan kami ke Causewaybay, Hongkong Island untuk melihat2 pahlawan devisa kita Indonesia yaitu para TKW.

Untuk menuju ke sana caranya adalah:
  1.  Karena kami dekat dengan star ferry pier maka dari itu kita naik star ferry (Lihat gambar 1 dibawah).
  2.  Sesampai di Central Pier 7 jalan kaki lewat jembatan ke arah Central Station.
  3.  Dari stasiun central kami naik MTR ke arah Chai Wan (jalur biru tua) dan turun di stasiun Causewaybay dan keluar di Exit E.
Rute kami nyebrang dari TST pier ke Central pier(Lihat lingkaran biru). Sumber: chinatravelgo dengan modifikasi sendiri agar jelas rutenya

Rute kami jalan dari Central pier 7 ke Central MTR, dan jalannya lewat jembatan yang panjang banget jadi sangat nyaman sekali.
Rute MTR dari Central ke Causeway bay

Sesampai kami diluar wow rame, padat dan penuh tuh jalan dengan orang bener2 lautan manusia tuh jalan, bukan hanya TKW tapi orang hongkong pada keluar untuk menikmati hari minggu.

Setelah berjuang sampailah kami di Victoria Park dan memang bener kata orang, aku setelah sampai di Victoria park serasa sudah sampai di Indonesia saja khususnya di jawa hehe… kiri, kanan banyak yang ngomong jawa seperti “suwene kon datange”, “jaluk opo’o”, “nang kene ro” dll hehe… bener kan aku bilang serasa di jawa aja waktu itu. Setelah keliling2 daerah situ ternyata mamaku pingin ke toilet dan kami pergi mencarinya, ya ampun… toilet sih banyak tetapi karena sangking ramenya tuh tempat sampai antri gak karuan untuk toilet ceweknya. Cukup lama antriannya karena itu kami cukup lama juga ada disana dan ternyata di tempat lain juga lagi ada persiapan arak-arakan dari sebuah komunitas khong hucu jadi pada saat acara itu mulai ramailah jalan disitu karena mereka akan berarak-arakan sampai keluar jalan.

salah satu TKW yang di ajak ngobrol oleh mamaku
Setelah acara selesai karena ortu juga sudah capai, maka kami memutuskan untuk kembali dulu ke Losmen untuk beristrahat sebentar karena malamnya kami hanya punya satu tujuan saja yaitu ladies market yang terkenal itu.

Pulangnya pun kami cari jalan terpendek  dengan cara :
  1. Dari stasiun Causewabay kita naik kereta ke arah Shueng wan (jalur biru tua) dan turun di stasiun Admiralty untuk berpindah kereta.
  2. Dari stasiun Admiralty kita naik kereta ke arah Tsuen wan (jalur merah) dan turun di stasiun Tsim sha tsui dan keluar di Exit D1 dan belok kanan 2 menit sampai di Losmen kami.

Rute Cepat menggunakan MTR dari Causeway bay ke Tsim Sha Tsui

Tepat jam 8 malam kami baru keluar dari losmen karena pada ketiduran semua, dan tanpa membawa stroller kami berangkat dari Losmen ke Ladies market.

Caranya gampang karena cukup dekat sebenarnya:
  • Masuk Exit D1 dan naik kereta ke arah Tsuen wan (jalur merah) dan turun di stasiun Mongkok lalu keluar di Exit D2 dan jalan sedikit sampai lah kami di Ladies market.

Keluar Exit E2 lalu jalan sesuai rute, maka akan sampai di Ladies Market yang tersohor itu

Kesan Ladies Market kayak pasar malam biasa saja tapi disini semua serba rapi dan bersih dan banyak banget stan-nya dari yang jual baju, dompet, jam, gantungan kunci dst banyak lah pokoknya. Nah karena banyak baca blog dan dapat info kalau harga disini itu harus 1/3 dari harga aslinya maka dari itu setiap kita nawar barang langsung potong 1/3 harganya tetapi apa yang kita dapat, kita dibilang gila, kalau gak punya uang gak usah beli, kadang ngomel2 gak jelas hehe… tapi aku bilang ke rombongan cuek aja lanjut terus dan setelah coba beberapa stan ternyata kurang ampuh masih banyak yang menolak, akhirnya aku bilang naikin dikit jadi potong 50% aja dan ternyata cukup manjur, tetapi kalau aku bilang sih pintar2nya kita aja sih pada waktu nawarnya.

Tidak terasa jam sudah menunjukan jam 10 malam dan waktu itu hujan deras melanda ladies market jadilah kami binggung mau kemana, tetapi ternyata kami tepat duduk didepan sebuah restoran dan karena sudah lapar dan kita lihat menu-nya cukup menarik akhirnya kami pilih resto itu untuk makan malam. Setelah makan kami mau melanjutkan belanja kembali, tapi ternyata ladies market sudah mau tutup akhirnya kami putuskan untuk pulang ke losmen agar bisa packing barang2 yang masih berantakan di koper. Cara pulangnya kebalikan dari cara pergi diatas jadi aku rasa cukup jelas.

Sebelum istrahat karena aku masih penasaran sama Mini Van untuk ke bandara jadinya aku langsung kontak Mr. Kenny yang kebetulan persis didepan kamar ku untuk membayar HKD 300 mini van yang mengantarkan kami besok ke bandara.