Thursday, March 20, 2014

1 Hari penuh di Kuala Lumpur [Hari 7]

Wah lama tidak melanjutkan menulis karena memang beberapa hari kemarin sangat sibuk sekali, karena itu aku akan melanjutkan kembali cerita untuk hari ke-7 ini tetapi memang untuk foto kurang banyak karena banyak lupanya daripada ingat untuk pegang kamera digital #tepokjidat#.

Menurut aku lebih enak dan cepat kita mengunakan kamera handphone daripada kamera digital karena memang kamera digital memang cukup ribet, kecuali untuk foto rame-rame dan memang ditempat itu banyak yang akan difoto maka kamera digital wajib.

[Tgl 17-Feb-2014]

Karena hari ini cecenya istriku harus ke dokter kandungan lagi, maka dari itu pagi-pagi jam 8 mereka sudah berangkat menuju dokter dari Genting highland menuju daerah Lukut dan kami rombongan memang direncanakan untuk jalan sendiri dan aku dijadikan tour leader dadakan lagi.

Nah karena aku pernah riset dulu-dulu tentang Genting highland dan Kuala lumpur maka pagi jam 7an aku bangun dan jalan-jalan sendiri keliling genting untuk mencari informasi tentang Cable car, dan pagi itu sejuk sekali ini karena jaket yang aku bawa sudah aku titipkan di mobil cecenya jadinya jalan pagi-pagi gitu tanpa jaket jadinya sangat terasa sejuknya tetapi untung tidak dingin sekali.

Di Genting highland terdapat 2 cable car yaitu Awana Skyway tujuannya Chin Swee Caves dan Genting Skyway tujuan Lower Genting skyway. Nah karena kami mau ke KL maka yang kami naiki adalah yang Genting Skyway one way dengan biaya RM6.00 /orang (jika dirupiahkan Rp.12,000-an *2014). Tetapi karena masih cukup pagi kami mencari makan pagi dulu dan kami cukup beruntung karena kami menemukan Nasi lemak murah di daerah First world hotel dekat dengan lobby hotel, di situ ada satu cafe yang menjual Nasi lemak #untuk diketahui disana rata2 makanana cukup mahal dikantong...#

Setelah kenyang kamipun mandi dan mempersiapkan diri untuk check out dari hotel, proses check out terbilang sangat mudah karena cukup memberikan kartu kunci kamar ke sebuah alat seperti ATM gitu maka kami otomatis sudah check out #karena begitu banyaknya yang tidur disana jadi kebanyakan sistem reservasi disana sudah sangat modern dan otomatis#

Karena waktu itu kartu permainan masih terisi banyak jadinya kami singgah dulu dipermainannya yovan untuk menghabiskan kartu permainan tersebut dan kurang lebih jam 11 siang kami menuju ke cable car dan untung juga waktu itu tidak ada antrian yang panjang. Dan setelah bayar total 8 orang termasuk yovan kami langsung naik cable car tersebut, kesan pertama sih kecil tidak samalah dengan waktu aku naik cable car di hongkong dan tidak boleh berdiri jadi kami diharuskan duduk diam. Lama perjalanan kurang lebih 30menit kami diatas cable car tersebut dan kami semua sangat menikmati perjalanan kami waktu itu

Setelah sampai di Genting skyway kami turun dan lanjut untuk membeli tiket bus tujuan KL Central yang berada di lantai T1 gedung Genting skyway tersebut. Harga express bus Genting skyway - KL Central adalah RM10.30 /dewasa dan RM9.20 /anak2, dan ternyata jadwal yang tersedia waktu itu untuk bus selanjutnya yaitu jam 1 siang dan karena memang tidak ada pilihan aku langsung membayar semua tiket tersebut.

Satu jam kami harus menunggu bus karena itu kami langsung menuju ke ruang keberangkatan yang berada di lantai Basement level 4 (B4) dan suasana terminal ini sangat bersih dan tenang tanpa ada pedagang asogan yang berlalu lalang dan pengimis anak-anak seperti di indoensia, jadi biarpun kami menunggu cukup lama kami tetap merasa nyaman dan aman sekali tanpa was-was sedikit pun.

Dan akhirnya bus kami tujuan KL central datang juga dan kesan pertama  Bus terlihat baru, bersih dan tepat waktu banget #jempol 2 dah# ini penampakan bus nya

Bus Go Genting. Sumber: Travelfish

Untuk naik ini bus kami tidak terlalu berdesakan karena memang disetiap tiket sudah tertera nomor kursi jadi pada saat kita naik bus, kita tidak akan rebutan untuk memilih kursi tersebut. Kesan pada saat sudah didalam Bus adalah sangat Bersih, kaca samping besar banget jadi bisa melihat pemandangan pada waktu perjalanan tetapi ada sedikit yang kurang memang yaitu AC kurang dingin tetapi tidak panas sih, dan ada bunyi sok break pada waktu bus bergoyang tetapi secara keseluruhan sih kami sangat menikmati perjalanan kami ke KL central.

Tidak terasa jam 2 siang kami sampai juga di KL central dan karena sudah lama sekali tidak kesini, ternyata banyak yang berubah karena dulu waktu aku kesana masih dalam tahap pembangunan dan renovasi besar-besaran tetapi waktu itu 90% sudah jadi bagunan-nya dan ini jika sudah selesai akan menjadi central dari semua transportasi KL.

Tujuan kami selanjutnya adalah jalan-jalan ke Mal daerah bukit bintang, karena itu kami naik LRT menuju ke stasiun Bukit Bintang dan karena memang KL central belum sepenuhnya selesai maka untuk naik LRT kami harus keluar dari KL central dan menuju ke gedung yang berada persis didepan KL central dan perjalanannya cukup panjang harus menyebrang jalan raya dan melewati toko2 tetapi untung juga trotoarnya cukup nyaman karena waktu membawa yovan dengan stroller masih merasa nyaman. Setelah bayar untuk mendapatkan Koin token untuk bisa naik nih LRT kami langsung naik ke tingkat atas untuk menunggu kereta yang datang.

Perjalanan kami ke bukit bintang sangat nyaman, hanya saja ternyata aku salah pilih station karena mal pertama yang ingin aku kunjungin sebenarnya adalah Time square Mal dan itu seharusnya distasiun Imbih. Nah karena udah terlanjur turun di stasiun bukit bintang dan yang paling dekat dari situ adalah Sungai Wang mal dan Lot10 maka kami melanjutkan perjalanan kami.

Karena kami dari Genting belum makan siang, maka kami mencari foodcourt terdekat dan dulu pertama kali aku ke KL pernah makan di area Lot10 mal dan menurutku makanan disana enak-enak. Langsung kami semua rombongan menuju kesana, tetapi sayang sekali karena waktu itu sudah capek, pegel dan juga yovan gak mau diam jadinya lupa foto-foto daerah sana beserta makanan yang kami makan waktu itu.

Setelah kenyang dan mengisi tenaga kami pun melanjutkan perjalanan kami keliling mal, dan mal pertama yang kami singgah adalah sungai wang karena cukup dekat dari Lot10 tinggal jalan kaki dan menyebrang jalan raya, dan sesampai disana aku cukup binggung karena kok beda dengan pertama kali aku datang, karena dulu yang aku tau bahwa Sungai Wang mall itu spesifik jualan baju semua tetapi yang anehnya setelah keliling sana-sini gak ketemu juga tuh spot belanja seperti pertama aku ke KL dulu #tepokjidat#

Puas jalan di Sungai Wang maka kami melanjutkan perjalanan kami ke Pavillion Mall yang memang khusus menjual barang-barang branded dan selama perjalanan kami cukup terganggung dengan pembanguanan jalur MRT yang sedang dibangun oleh pemerintah Malaysia #hebat sudah duluan proyeknya, indonesia kapan nih....#

Karena banyak membaca blog tentang Bus GOKL gratisan, maka dari itu aku memasukan ke dalam jadwal ku waktu itu, akan tetapi kenyataannya Bus ini sangat diminati jadi selalu penuh sesak dan karena aku takut nantinya menyebabkan ketidaknyamanan maka dengan terpaksa aku membatalkan untuk naik ke Bus GOKL tersebut. Dan tujuan kami selanjutnya adalah Chinatown dan seperti biasanya kami mencoba mengunakan monorail lagi.

Ada 5 cara untuk dapat pergi ke Chinatown yaitu:
  1. Taxi : Karena kami rombongan cukup banyak jadi membutuhkan 2 taxi dan ini berat diongkos jadi kami skip
  2. Bus Umum : Sistem bus umum sebenarnya menjadi alternatif bagus hanya karena waktu itu aku tidak sempat mencari tau tentang sistemnya maka kami skip lagi
  3. Bus GOKL : ini sebenarnya tujuan utama ku naik bus gratis sekalian jalan2 dan sekalian juga sampai di daerah Chinatown, tetapi karena peminatnya cukup banyak jadinya kami batal naik nih bus.
  4. Monorail (Bukit Bintang - KL sentral - Pasar Seni) : jalur ini sering aku pakai dulu waktu pertama kali aku ke KL dan cukup efektif.
  5. Monorail (Bukit Bintang - Hang tuah - Masjid Jamek - Pasar Seni) : jalur yang ingin ku coba dan ternyata kesalahan besar aku dalam memilih rute ini #tepokjidat#

Seperti yang aku katakan diatas bahwa aku memilih rute ke-5 karena ingin mencoba #diwaktu yang salah tentunya whew...# dan jalur pertama adalah Bukit Bintang - Hang tuah, nah sialnya aku salah memilih platform area #papan petujuknya kurang jelas soalnya whew...#  yang seharusnya tujuan KL sentral tetapi aku naik yang tujuan Titiwangsa dan untung aku cepat sadar, langsung di stasiun Raja Chullan aku suruh semua rombongan untuk turun. Dan setelah turun kami mencari platform yang bener yang tujuan nya ke KL sentral.

Setelah sampai di stasiun Hang tuah kami dibuat binggung lagi karena tidak seperti di Singapore jika kita berada di stasiun interchange maka kita tidak perlu keluar dari gate, nah di KL masih sistem manual jadi kami semua rombongan harus keluar dari gate dan membeli tiket koin baru tujuan stasiun Masjid Jamek dan yang cukup menguras tenaga kami adalah di KL sistemnya masih tangga manual, dan untuk kami yang membawa stroller ini sangat menguras tenaga kami karena harus menggangkat stroller tersebut.

Tidak tau kenapa hari itu bener2 sial, pada saat mau beli koin ternyata di stasiun Hang Tuah sudah mengunakan sistem mesin jadinya aku butuh waktu cukup lama untuk mempelajari mesin ini karena cukup asing untuk aku beli tiket single journey. Kemudian pada waktu kami mau melanjutkan perjalanan ternyata yovan mau BAB dan kami harus tunggu lagi #whew....# setelah selesai BAB kami mencari toilet untuk menganti popok yovan dan lagi sial selalu menyertai kami toilet yang ada distasiun itu lagi rusak dan kami pun terpaksa mengganti popoknya didepan toilet tersebut.

Setelah selesai kami melanjutkan perjalanan kami dan sampailah kami di stasiun Majid Jamek dan kembali aku dibuat binggung dengan stasiun interchange ini, dan setelah melihat sana sini akhirnya aku putuskan jalan aja ke Chinatown karena sudah lumayan dekat dan waktu itu aku sangat mengandalkan Google navigation map samsung tab yang gede itu #susah kontrol nih tab karena  gede soalnya susah dipegang#

Akhirnya setelah perjuangan yang panjang dan melelahkan kami sampai juga di Chinatown, dan waktu itu tenaga kami semua sudah cukup banyak terkuras jadinya minat untuk belanja dan keliling-keliling chinatown menurun drastis #Karena capek dan pegel sekali lagi tidak menfoto area chinatown ini...#. Setelah kami melihat-lihat beberapa kios dan belanja beberapa baju kami memutuskan untuk pulang karena jam sudah menunjukan jam 8 malam. Dan tujuan kami kembali ke KL sentral terus lanjut ke bandara LCCT untuk dijemput oleh cecenya. Dari KL Sentral menuju ke bandara kami menggunakan KLIA Express tujuan LCCT jadi ini jalur baru yang dikhususkan untuk penumpang LCCT, semula rencananya mau menggunakan Bus ke LCCT tetapi pertimbangan makan waktu yang banyak dan harganya juga beda dikit jadinya aku memilih menggunakan KLIA Express tersebut.

Biaya yang kami keluarkan untuk naik KLIA Express per orang adalah RM12.5 (beda dikit dengan BUS yaitu RM8.0) dan perjalanan dari KL Sentral ke Salak tinggi kami menggunakan kereta dan dari Salak tinggi ke LCCT menggunakan BUS transit. Singkat cerita kami akhirnya sampai dirumah dengan selamat dan bonusnya kaki pegel dan tenaga loyo habis hehe...

[Hari 5 & Hari 6] Kuala Lumpur - Batu cave - Genting Highland

[Hari 8]Kuala Lumpur - Bali