Friday, February 13, 2015

Alasan mengganti kamera lama dengan Nikon coolpix S5200

Dikarena 2x perjalanan ke luar negeri aku mengunakan kamera samsung E91 dengan jenis kamera sangat standar (kamera ini hadiah dari pembelian Samsung tab 10.1).
sumber: google



Karena pada waktu aku ke hongkong tahun 2011 banyak moment foto yang hilang dimalam hari maupun di siang hari, dikarenakan oleh kualitas foto yang seadanya.

Ini foto blur bukan karena foto di compress, tetapi memang dari awal fotonya ya gini hasil jepret nya.
Kelemahan utama kamera samsung E91 adalah tidak bisa foto kondisi gelap dengan baik dan shutter speed yang rendah, sempat aku berpikir kalau aku ini tidak bisa men-setting kamera dengan baik makanya kualitas foto utk malam hari jelek sekali, tetapi setelah mempelajari tentang kualitas kamera, dan mencoba foto di patung merlion pada waktu malam, wheww hasilnya kacau balau foto jadi sangat blur jika kita menggunakan ISO 1600 dan juga kamera samsung mempunyai jenis lensa yang kurang baik di kondisi gelap (low light) dengan cara apapun maka tetap hasilnya tidak akan bagus. Nah karena tahun 2015 ini ada jadwal ke Bangkok maka aku memutuskan untuk mengganti kamera.

Setalah banyak membaca review dari blog2 yang mengulas tentang kamera dan juga sempat ikut membaca diforum kaskus maka aku simpulkan dengan budget 2 juta-an ada 3 kamera yang direkomendasikan yaitu

Pertama Canon Ixus 265 HS. Sumber: Google

Kedua Sony DSC WX220. Sumber: Google

 Terakhir Nikon Coolpix S5200. Sumber: Google

Dengan segudang fitur dari better low light, wifi, shutter speed tinggi, lensa menggunakan CMOS dan Digic 4 dan yang paling penting harganya 2 juta-an. Tetapi setelah mencari di beberapa tempat ternyata stoknya sudah tidak ada untuk kamera pertama dan kamera kedua, lalu sempat melirik kamera prosumer karena cukup keren juga bawa kamera-kamera besar gini biarpun yang dipakai sistem auto #tepokjidat#, tetapi karena nanti traveling nya bersama keluarga jadi aku pikir cukup ribet juga membawa kamera jenis prosumer yang besar. Sempat berpikir untuk menganti HP dengan fitur kamera yang mumpuni, tetapi banyak yang mengulas bahwa kualitas kamera pocket tidak bisa dikalahkan oleh kamera hp. Akhirnya jatuh hati ke Nikon Coolpix S5200 karena spec nya hampir sama dengan Canon dan juga harga nya pas 2 juta dan yang paling paling penting kamera ini kecil dan tidak ribet dibawa kemana-mana.

Ini sedikit alasan newbie memilih kamera Nikon Coolpix S5200.
Key Spec (*snapshot):

  • Zoom : 6x
  • Aperture : f/3.5
  • Wide angle : 26 mm
  • Wifi
  • Screen size: 3"
  • Screen reesolution : 460k dots
  • movie format : 1080 @30fps
  • CMOS sensor better in low light
  • Fast Shutter speed : 1/4000  a second
spec lengkap lihat: disini

Fitur yang aku sangat sangat senang adalah wifi, tinggal install wireless mobile utility di android maka kita bisa mengontrol kamera menggunakan hp android tersebut, dari mendowload foto, maupun mengambil gambar lewat hp. Fitur ini sangat berguna bagi aku yang kadang sering menggunakan tongsis karena tidak akan buta lagi seperti dulu.

Artikel Terkait..

1 comment:

  1. haloo... saya tertarik mau beli nikon seri ini juga. bisa liat contoh hasil jepretannya gak mas? thank you

    ReplyDelete