Saturday, November 30, 2013

Liburan Hongkong - Hari 4

31 OKT 2013 , HONGKONG DISNEYLAND FULL DAY

Garbang Disneyland Resort. Sumber: jaunted
Ini adalah hari yang ditunggu2 oleh keluarga kami yaitu pergi ke Disneyland sebuah impian yang terwujud nyata dan khususnya keponakan ku verly sangking semangatnya pagi2 dah bangun dia.  Sebelum kami pergi aku beli dulu tiket Disneyland di losmen Golden Crown.

Ticket Disneyland. Sumber: travelonshoestring

Catatan: belilah tiket disneyland di Losmen Golden Crown karena disana ada potongan harga, harga regular dari Disneyland adalah HK$ 450

Dari losmen kita menggunakan MTR utk ke Disneyland caranya adalah:
  1. Dari Exit D1 stasiun Tsim sha tsui naik kereta ke arah Tsuen wan (jalur merah) dan turun di stasiun Lai king untuk berpindah kereta.
  2. Dari stasiun Lai king naik kereta ke arah Tung chung (jalur orange) dan turun di stasiun sunny bay untuk berpindah kereta khusus untuk ke Disneyland.
  3. Dari stasiun sunny bay anda akan langsung dibawa di terminal khusus Disneyland.

Ini Penampakan sedikit kereta khusus ke Disneylandnya:

Sesampai di Disneyland wow keren banget serasa masuk di negri dongeng dah beneran, dan ini masih di depan pintu masuk aja suasana dari Disneyland sudah terasa banget

Sudah puas foto kami lanjut masuk ke area dalam , sebelum masuk kami diperiksa dulu tasnya karena Disneyland cukup ketat sih dilarang membawa makan dan minum tapi itu bisa di akalin kok, karena kita bawa anak2 roti,minuman dll kami selipin semua itu di pamper, pakai anak dll jadi mereka juga gak terlalu periksa.

Jangan lupa ambil Map di Depan. Sumber: chikastuff
Setelah sampai didalam sesuai rencana kami langsung pergi naik kereta Disneyland dari Main Street ke Fantasyland, pemandangan dalam perjalanan sangat menghibur sekali dan setelah sampai langsung kami semua ke permainan The Many Adventure of Winnie the pooh Tapi karena masih antri lumayan lama dan ini wahana ada fastpast nya akhirnya aku putuskan ambil fastpast aja.

FASTPASS ticket. Sumber: wikipedia
Catatan: Fastpast di Disneyland terdapat di 3 wahana yaitu Winnie the pooh, astro blaster, space mountain. Fastpast sifatnya gratis dan kegunaannya untuk kita booking waktu, jadi misal tertulis fastpast jam 11.45 atau 12.45 maka jika kita datang pada jam 11.45/12.45 kita langsung masuk tanpa mengikuti antrian yang panjang jadi menghemat waktu

Untuk mengisi waktu menunggu fastpast kami pergi ke wahana phillhar magic, karena itu kami rombongan masuk dan pertama2 kami di bagikan kacamata 3D dan waktu itu kami semua antri hanya 5 menit dan langsung masuk ke dalam ruang kayak nonton bioskop gitu, dan kesan nonton nih phillhar magic adalah 3D nya sangat bagus menurut aku semua karakter Disney keluar dalam bentuk karton 3D dengan tema music, jadi sangat menghibur kami semua terutama yovan dan verly.

PHILHAR MAGIC
Setelah keluar dari phillhar magic ternyata jam sudah menunjukan jam 11.35 jadi tinggal 10 menit untuk bisa menggunakan fastpast winne the pooh, dan langsung dengan cepat kami semua pergi ke wahana winie the pooh menggunakan fastpast kami. Dan tidak pakai lama memang kami langsung potong antrian yang cukup panjang waktu itu dan bener2 ini didesain sangat menghibur kami semua,  kami naik kereta berbentuk wadah madunya pooh dan semua karakter Winnie the pooh dan kawan2 nya keluar dalam bentuk gambar dan boneka2 gitu.

Many Adventures of Winnie the Pooh
Puas di winnie the pooh kami lanjutkan kembali ke wahana it’s small world, dan setelah lihat lama antrian ternyata hanya 5 menit maka dari itu kami semua langsung masuk. Dan memeng bener didalam sangat sepi sekali karena bisa dikatakan kita gak antri jadi langsung naik kereta sampan gitu terus keliling2 lihat bonek2 kecil yang lucu dengan tema Disney maupun negara2 seperti Bangkok, hongkong,  jepang dll jadi sangat menghibur sekali.

It's Small World

Habis keluar dari it’s small world kami lanjut berjalan kaki menuju ke arah tomorrow land untuk bermain wahana astro blaster. Karena lihat antriannya hanya 5 menit akhirnya kami semua masuk ke dalam wahana tersebut dan karena memang masih cukup pagi jadi masih sepi kami tidak pakai lama langsung naik kereta dan dikereta ini ada sejata, ooo walah ternyata ini wahana tembak2 toh jadi lah kami tembak sembarangan karena agak binggung juga sih hehe..

Astro Blasters. Sumber: travel detik
Karena jam sudah menunjukan 12.30 siang maka dari itu kami semua memutuskan untuk makan siang dulu di daerah food court tomorrow land, tetapi ternyata makanannya kurang enak karena hanya menjual ayam seperti kfc gitu dan rasanya juga sangat biasa dengan harga yang luar biasa menurut aku.

Setelah itu kami memutuskan untuk pergi ke area adventure land untuk naik boat, tetapi ternyata malahan kita pergi belanja pernak pernik Disneyland di area tsb, puas belanja barulah kami memulai untuk naik boat jungle river cruise tetapi ternyata aku salah masuk, waktu itu aku masuk yang bahasa canton #tepokjidat#  tetapi karena juga tidak terlalu ngefek ya sudah lah dari pada ngantri ulang lagi hehe…

Naik boat ini seru banget, kami keliling lihat aneka hewan buatan yang bener2 mirip banget dan ada juga api2 yang keluar dari batu, seru abis dah. Kemudian kami lanjut ke main street dengan tujuan untuk berbelanja lagi tetapi ternyata dijalan2 sudah pada ramai orang yang menunggu parade jadilah kami semua ikutan nunggu, tetapi sayangnya karena sudah capai dan bangun cukup pagi yovan tidur pulas siang itu, dan nunggu punya nunggu akhirnya parade dimulai juga.

Kesan terhadap parade nya meriah dan sangat menghibur sekali, semua karakter keluar dan menyapa kami2 semua yang nonton waktu itu, cukup lama parade berlangsung dan karena juga posisi kami yang kurang bagus jadi lah acara fotonya juga kurang maksimal.

Suasana bubaran parade.
Setelah parade selesai barulah kami semua rombongan melanjutkan untuk berbelanja lagi di daerah main street. Cukup lama kami berbelanja disana karena jujur saja setelah masuk disana mata ini jelalatan banget, rasanya pingin borong tuh toko semuanya hehe…

Nah karena sudah cukup sore dan para rombongan juga udah menagih untuk berfoto ria sama karakter Disney, jadinya kami semua mulai mencari sesi foto para tiap2 karakter tsb.

Tidak terasa sehabis foto sudah gelap dan kami juga baru sadar ternyata banyak wahana yang belum kami coba, dan terutama banyak juga tempat2 yang belum kami foto. Dan kabar buruk nya juga adalah 2 kamera yang kami bawa habis baterainya #tepokjidat dah# aduh dimoment seperti gini malah habis tuh baterai kamera, karena itu banyak moment dimalam hari tidak kami foto, dan mau menggunakan tab ataupun hp selalu gagal karena suasana area juga sangat gelap gulita.

Karena sudah gelap maka kami memutuskan untuk makan malam di area foodcourt fantasyland, di sini makanannya lebih enak dan bisa dimakanlah dan setelah makan ternyata verly cukup rewel karena siang dia tidak tidur jadilah aku harus jaga barang + stroller, tetap untung fifi dan yovan sempat menonton parade hallowen yang diadakan jam 07.30 malam.

Cinderella carousel. Sumber: tripadvisor
Setelah semua kembali berkumpul untuk terakhirnya kami naik wahana Cinderella Carousel, pada saat antri ternyata kami juga cukup haus karena itu mama dan lisa mengambil air gratis yang tersedia di dekat toilet. Naik nih wahana cukup menghiburlah untuk kami yang tua2 gini hehe…

Catatan: Air mineral adalah barang berharga disini karena harganya yang cukup menguras kantong, bayangkan saja air mineral botol kecil harganya HK$ 20 (nah kan bener2 mahal air mineral di Disneyland). Maka dari itu bawalah botol kosong tanggung untuk mengisi air isi ulang yang biasanya ada di dekat2 toilet, jangan takut karena dijamin kebersihan air isi ulang ini.

Waktu itu jam menunjukan pukul 8.30 malam dan 30 menit lagi acara yang kami tunggu2 adalah kembang api. Dan ternyata orang2 dah duduk berkumpul didepan Cinderella castel karena memang area yang paling bagus untuk nonton kembang api. Nah karena kamera sudah pada kehabisan jadilah moment ini kami tidak ada acara foto2, cukup kami rombongan simpan sebagai kenangan yang tak terlupakan waktu itu.

Disney in the star. Sumber: wikipedia

Lamanya acara kembang api kurang lebih 20 menit lah dengan tata lampu yang bagus, semua disesuaikan dengan irama music jadi terkesan bagus banget, jadi ini wajib banget untuk di nonton.

Setelah kembang api selesai semua orang pada bubar dan pulang, tetapi karena cukup ramai kami tunggu bentar sambil melihat hantu jadi2an yang sudah mulai keluar karena malam itu adalah malam terakhir hallowen, sayang banget karena kami tidak bisa berfoto ria dengan hantu jadi2 tsb. Dan setelah melihat sekeliling cukup sepi maka kami mulai pulang dengan dibalik jalurnya pas waktu pergi. Sesampai di losmen kami langsung terkapar dan tidur.

Total pengeluaran:
Tiket Disneyland: (HK$ 410 x 6 orang) + (HK$ 300 x 1 anak) = HK$ 2760 (yovan masih gratis)
Makan di tomorrow land sekitar HK$ 100 x 6 orang = HK$ 600
Makan di fantasyland sekitar HK$ 100 x 6 orang = HK$ 600
Beli air mineral darurat : HK$ 20

Klik untuk kembali membaca: Liburan Hongkong - Hari 3

Klik untuk lanjut membaca: Liburan Hongkong - Hari 5

Artikel Terkait..

1. Om (bingung manggilnya apa) mau nanya dong, kalo saya dari bandara naik airport express pingin ke disneyland apakah harus turun di Stasiun Tsing Yi trus balik lagi menggunakan jalur Tung Cung lalu turun di Stasiun Sunny Bay setelah itu mengunakan MTR Disneyland?? Kalo dipikir-pikir gak efektif banget ya, apalagi harga tiket airport express tuh mahal. Apa ada cara lain? Pinginya yang praktis soalnya rombongan + anak kecil.. Mohon segera dibales

1. manggil agan aja gpp. kenapa harus dari airport? apa agan hanya transit di hongkong ? klo rombongan sih lbg baik naik airport express apa lagi kan airport express ada tiket group (http://www.mtr.com.hk/en/customer/tickets/promotions_4persons.html) biar mutar tapi nyaman kok. ada pilihan lain sih naik coach bus yang khusus disneyland resortnya coba aja cek website disneyland bgmn ketentuan naik bus tsb.