Saturday, November 30, 2013

Liburan Hongkong - Hari 3

30 OKT 2013 , HONGKONG

Dikarenakan badan yang capai sekali, maka efeknya kami semua telat bangun waktu itu kami bangun jam 8 pagi sedangkan jam 9 pagi sudah harus jalan, jadilah molor 1 jam dari rencana awalku. Setelah mandi dan siap2 semuanya akhirnya kami pun berangkat di terminal MTR dan kami harus membeli kartu sakti yang namanya octopus card di ticketing office dengan harga HK$ 150 dengan HK$ 50 sebagai deposit dan di top up HK$ 100 lagi di mesin, kartu ini bisa juga digunakan untuk belanja di mini market dan tempat2 lain jadi uang receh dapat kita minimalkan.Untuk info lengkapnya baca disini

Kartu Octopus. Sumber: hongkongfanclub
Waktu itu aku cukup Pede untuk melakukan top up kartu octopus sendiri di mesin, karena aku berpikir segampang mengisi Ez-link di Singapore, tetapi tidak semudah itu ternyata. Untuk top up kartu aku butuh waktu sekitar 20menit untuk mempelajari cara kerja tuh mesin sampai2 sempat binggung juga kok gak bisa di top up nih kartu #hehe…maklum datang dari desa soalnya# dan akhirnya bisa juga dan caranya cukup gampang ternyata:

1.  Masukin kartu octopus (kayak masukin kartu ATM gitu)
  2.  Masukin uang hongkong yang mau di top up (nominal yang diterima mesin adalah HK$ 50 dan HK$ 100 saja)
  3.  Kemudian tekan agree dilayar (mirip kayak ATM dah) dan tunggu kartunya keluar, selesai
Catatan: jika takut tidak bisa top up kartu di mesin, anda bisa top up manual di ticket office nya.

Disini ada kejadian lucu banget karena kami belum punya pengalaman naik MTR membawa stroller pada saat kami harus tab kartu penjaga terminal bilang tidak boleh lewat, wah kaget kami apa gak boleh bawa stroller tapi ternyata dia mengarahkan kami utk masuk lewat gate khusus orang cacat/koper/stroller dan memang gate ini lebih besar dibandingkan dgn gate biasa. Waktu itu aku membeli 5 kartu adult, 1 kartu senior utk papa, 1 kartu junior utk verly dan yovan lagi2 gratis hehe….

Patung Big Budha. Sumber: travelblog
Rencana kami hari ini adalah ke Ngoping Village utk lihat Big Buddha dan sekalian merasakan naik cable car terpanjang dan unik  sekali.

Jalur MTR dari Losmen ke Cable car Tung Chung adalah:
  1. Dari losmen kami masuk Exit D1 trus naik MTR ke arah Tsuen wan (jalur merah) turun di stasiun Lai king.
  2. Kemudian dari stasiun Lai king pindah jalur menuju stasiun Tung Chung (jalur orange) dan keluar di Exit Cable car.

Untuk belajar cara baca peta MTR baca disini

Sesampai di Tung chung kami lanjutkan dengan jalan kaki sedikit ke counter Cable car. Oh ya di losmen aku sudah membeli tiket cable car Crystal Cabin pp dan untuk verly aku beli langsung di counternya karena di losmen ku tidak tersedia dan lagi2 yovan gratis. Pada waktu sampai di area counter cable car kami langsung berhadapan dengan antrian yang sangat.. panjang.. sekali sempat aku strees karena takut rombonganku gak kuat untuk antrian sepanjang itu, tetapi dengan berani aku bertanya ke petugas jika udah punya tiket apa boleh lewat dan ternyata BOLEH horeyyy… tidak pakai lama langsung kami masuk tukarkan tiket + beli tiketnya verly. karena semua rombongan kebelet pipis jadinya kita ke toilet dulu dan setelah semua siap kami melanjutkan antri di daerah crystal cabin, disana terdapat 2 antrian yaitu crystal cabin dan standart cabin perbedaan dari kedua nya adalah kalo crystal cabin dibawah kaki kita itu kaca. Untung antrian di crystal cabin sedikit akhirnya kami naik juga, dan menurut aku sangat unik dan lumayan membuat tegang karena kita bisa melihat 360derajat view dari atas cable car tersebut

kami waktu itu tidak naik sampai ke patung budhanya karena memang menyimpan tenaga, karena untuk kesana menurut aku membutuhkan cukup banyak tenaga plus gendong yovan tentunya #wah gak kebayang dah naik 268 anak tangga dengan gantian gendong yovan, bisa kurus mungkin ya...hehe...# jadinya kami hanya narsis dibawah saja.

Setelah puas di ngoping village kami pulang dengan mengunakan cable car lagi dan sesampai diarea Tung Chung kami masuk ke Mal Citygate Outlet yang terkenal itu, tapi sebelum hunting baju kami mau mengisi perut dulu karena sudah kelaparan dan kehausan. Nah cara paling gampang mencari makan di Mal adalah carilah foodcourt

Citygate outlet Tung chung Hongkong. Sumber: goingplace

Karena perut sudah kenyang saatnya kita shoping (belanja) , banyak yang bilang kalau di citygate murah2 tapi ternyata setelah disana tidak semurah yg aku perkirakan, untuk kemampuan dompetku masih belum kuat #harap maklum turis kere ini…hehe# mmg yang cukup mencolok disana ada 2 outlet yaitu Giordano dan Espirit tapi kalo dihitung masih cukup mahal juga ternyata dan menurut info dari koko ku bahwa pada waktu aku pergi diskonnya kurang bagus. Di Giordano kami menghabiskan cukup banyak waktu dan akhirnya jam 5 sore kami memutuskan balik dulu ke losmen utk istrahat sebentar.

Caranya sama seperti waktu pergi yaitu (Gambar sama seperti diatas):
  1. Dari stasiun Tung Chung naik kereta ke arah Central (jalur orange) dan turun di stasiun Lai king untuk berpindah kereta.
  2. Dari stasiun Lai king naik kereta ke arah Central (jalur merah) dan turun di stasiun Tsim sha tsui dan keluar di Exit D1 belok kanan jalan 2 menit sampai losmen.
Catatan: Untuk keluar dari stasiun MTR di Hongkong maupun Singapore harus di perhatikan betul pintu Exit-nya karena jika kita salah keluar pintu maka kita akan cukup jauh untuk mutar arah, pintu exit dibuat untuk mempermudah kita karena dibuat sedekat mungkin di tempat2 penting untuk daerah tsb.

Karena kecapaian lagi maka jadwal yang sudah aku susun molor lagi #tepokjidat#, kami waktu itu keluar jam 7 malam untuk pergi melihat avenue of star, nah sebenarnya aku ingin menghindari acara symphony of light yang diadakan jam 8 malam karena rame banget tetapi karena kami sudah disana ya sudah lah kami nonton aja sekalian. Acara symphony of light sih bentar doang 15menit dan ini hanya permainan lampu2 dari gedung2 tinggi yg berada diseberang pulau hongkong island, sebenarnya tidak terlalu direkomendasikan tapi jika punya waktu banyak tidak ada salahnya menonton acara tsb.

Setelah itu kami lanjut mau belanja mainan di Toy r Us terbesar di mal Harbour City,  karena dari avenue of star ke Harbour city cukup dekat maka kami cukup jalan kaki aja sambil menikmati pantai yang indah dengan pemandangan yang indah juga, hny sayang kameraku tidak cukup kuat menangkap keindahan pada waktu malam tersebut. Di Harbour city cukup binggung utk mencari Toy r us tapi setelah mutar kiri kanan akhirnya kami ketemu juga tuh toko. Kesan pertama nih toko bener2 surga nya anak2 semua mainan berkualitas ada disana dan harganya juga tidak mahal2 amat adikku aja banyak borong mainan utk verly, kalau aku hny sedikit karena yovan juga masih belum terlalu mengerti banget. Setelah muter2 lama disana akhirnya jam 10 kami keluar dari Harbour City dan karena belum makan malam akhirnya cari makan dekat losmen kembali.

Rute kami jalan waktu itu. Sumber: Hasil modifikasi sendiri
Akhirnya kami memilih 1 resto namanya Tsiu wah untuk mencoba makanannya, kenapa pilih Tsiu wah? ini karena banyak blog yang review kalau makanan disana enak2 dan pantas untuk mencobanya, waktu itu kami pesan : noodle with XO sauses, Fish ball with rice noodle,  Fried Rice with satay dan untuk minum kami coba milk tea botol.

Tsiu wah Tsim Sha Tsui. Sumber: hongkonghustle

Milk tea bottle. Sumber: openrice
Ini minuman enak banget menurut aku karena manisnya pas banget tetapi aku waktu itu sampai lupa mencoba milk tea panasnya.

Noodle with XO sause. Sumber: tripadvisor

Untuk lidah kami rasanya sih sangat biasa banget, kebanyakan hambarnya sih nih mie #harap maklum dari deso soalnya..#

Fish ball with rice noodle. Sumber: shanghaiexpatguide
Ini untuk lidahku sangat parah dah sampai2 aku gak napsu makan waktu itu, untuk bakso ikan sih menurut aku mmg enak, tapi mie nya sangat hambar sekali utk lidah kami

Fried rice with satay. Sumber: shanghaiexpatguide
Dimana2 yang namanya nasi goreng mmg cocok sama lidah org Indonesia, enak, agak pedes, satay juga enak jadi lahap makannya waktu itu Ronny

Setelah kenyang kami singgah dulu di 7-11 dekat situ (kalo diindonesia kayak indomaret/alfa) disana kami beli roti untuk sarapan besoknya dan juga beli air mineral (hanya butuh botolnya saja sih karena besok kita ke Disneyland)

Total pengeluaran
Kartu Octopus Beli baru: (HK$ 150 x 5 dewasa) + (HK$ 70 x 1 senior) + (HK$ 70 x 1 anak) = HK$ 890
Kartu Octopus Top up : HK$ 100 x 6 orang = HK$ 600
Tiket Cable car Crystal cabin pp = (HK$ 180 x 6 dewasa) + (HK$ 146 X 1 anak) = HK$ 1226
Makan di Hongkong range harga HK$ 50 s/d HK$ 100 (lupa catat harga soalnya, ini porsinya besar2 ya..)

Klik untuk kembali membaca: Liburan Hongkong - Hari 2

Klik untuk lanjut membaca: Liburan Hongkong - Hari 4

Artikel Terkait..

1. Hallo,salam kenal. Mau tanya untuk anak usia 3 tahun, apa tetap harus beli octopus card dan tetap harus tap saat akan naik mrt,bus atau public transport yang lain ?

1. Salam kenal juga... untuk anak 3 thn sudah hrs bayar octopus card bilang aja beli octopus card child (warna merah) seharga $70 terdiri dari Deposit $50 dan pulsa $20. proses tap bisa di bantu orang tua tetapi anak tetap harus lewat gate sendiri.