Friday, November 29, 2013

Liburan Hongkong - Hari 1

Hai semuanya akhirnya balik ke kampung halaman Dompu (NTB) tercinta setelah melalang buana di negri orang selama 10 hari. Nah sebagai hadiah/oleh2 aku akan menceritakan semua pengalaman kami rombongan 6 dewasa dan 2 anak kecil. Oh ya untuk total rupiahnya tinggal diconvert sesuai rate aja ya karena total pengeluaran aku masih menggunakan mata uang aslinya.

Setelah berjuang menabung selama 2 tahun akhirnya aku bisa menggunakan uang sendiri pergi jalan2 ke hongkong, aku menggunakan 80% dari uang tabunganku dan ini mencakup semua hal dari tiket, penginapan, tiket masuk wahana dan ini untuk 2 dewasa karena bayi banyak gratisnya tetapi sisanya 20% masih minta nombok dari ortuku #itulah enaknya jalan2 sama orang tua sendiri….bisa minta diskonan..hahaha…# tapi ternyata uang yang aku bawa juga kelebihan banyak jadi bisa dikatakan kami pergi kali ini cukup murah sekali.

Enaknya jalan sendiri ya semua serba dicicil, dari beli tiket 2 tahun yang lalu terus nyicil bayar penginapan 1 per 1, lalu sedikit2 ganti uang dolar hongkong sampai pada waktu 1 bulan sebelum berangkat barulah semua masalah keuangan beres alias LUNAS.

Rencana perjalanan kami 10 Hari 9 Malam adalah:
  •  28 okt 2013 : Dompu – Bali
  •  29 okt 2013 : Bali – Singapore – Hongkong
  •  30 okt 2013 s.d 01 nov 2013 : Hongkong
  •  01 nov 2013 s.d 02 nov 2013 : Hongkong – Macau – Hongkong
  •   03 nov 2013 s.d 04 nov 2013 : Hongkong
  •  05 nov 2013 s.d 06 nov 2013 : Hongkong – Singapore – Surabaya

HARI 1 : 28 OKT 2013 , DOMPU – BALI
Penerbangan : Merpati – MZ623
Tujuan : Bima(BMU) – Denpasar(DPS)
Waktu : 09.45 AM – 11.05 AM (Reschedule 10.45AM – 12.05PM)
Harga : Rp. 411.897 /org + Rp. 60.000 /bayi

Penginapan: Hotel Tune ,Kuta Bali
Harga: Rp. 229.080 /malam/kamar
Jenis kamar: 3 kamar Superior Room

Persiapan yang kami lakukan dihari2 sebelumnya sudah100% dan untuk meringankan bawaan kami, jadinya kami hanya membawa keperluan yang akan bener2 kami gunakan disana, antara lain:
  1. Baju hanya 2 potong
  2. Baju+celana tidur hanya 1 potong
  3. Celana panjang bawa 2 potong
  4. Dll (panjang kalau aku ceritakan dan gak kebayang dah wangi harum semerbak baju2nya...)

Iritkan bawanya tetapi koper tetap aja penuh haha… dan pasti pada bertanya kok isa penuh? Ini karena perlengkapan yovan lebih banyak dari ortunya dan ditambah dengan pop mie dan cemilan yang beraneka ragam tentunya #pengiritan tingkat tinggi….#

Penerbangan siang dari Bima ke Bali tidak ada kendala yang berarti, di bali kami sudah di jemput oleh keluarga Teguh finaldi (sering kita panggil ko2 sing)  dan karena kita tiba dibali siang hari maka kita dibawa makan siang di resto ayam tulang lunak Malioboro, enak banget dan tulangnya bener2 empuk kayak makan daging ayam saja. Kemudian kami sempat singgah di Mal Discovery disana sih hanya butuh ATM aja karena ada uang yg harus ditransfer waktu itu.

Ayam Tulang lunak Malioboro  Sumber: closetdomesticbunny

Dan tidak terasa jam sudah menunjukan pukul 02 siang dan kami memutuskan utk check in dulu di Hotel Tune, sesampai di hotel proses check in gampang tidak pakai ribet tinggal tunjukin kertas booking maka kami di kasih 3 kunci + 3 handuk, dan karena besok butuh tumpangan ke bandara maka aku sewa 1 mobil van APV yang kebetulan disebelah counter check in terdapat juga counter untuk sewa transport.

Nah setelah check in kami dibawa oleh ko2 sing ke rumahnya, disana kita ngobrol lama sambil nunggu keluarga adikku yang akan tiba di bali dari Surabaya jam 3 sore.

Akhirnya setelah semua kumpul kami diajak lagi utk makan2 romatis di jimbaran bali dan nih tempat memang bener2 rekomen banget cantik dan romatisnya dapat banget, tidak pakai lama makan dimeja kita sikat semuanya lalu karena dah malam berpisahlah kami dengan keluarga ko2 sing karena waktu itu kami juga butuh istrahat untuk persiapan besok pagi2 buta alias subuh jam 3 berangkat ke Bandara International Ngurah Rai, dan kami rombongan sangat berterima kasih sekali sudah diajak jalan2 dan makan2 dibali oleh ko2 sing dan keluarganya yang baik dan ramah banget.

Setelah packing ulang akhirnya kami semua istrahat kecuali aku, aku belum tidur karena harus beli bagasi, makan dan web check in Airasia. Untuk proses pembelian bagasi dan makan sih gampang banget hanya yang menyita waktuku adalah proses web check in, pada waktu web check in disuruh meng-update data penumpang spt no.paspor, tgl lahir dst nah proses ini yang selalu gagal karena proses input data lama dan pada waktu eksekusi error tapi karena harus web check in akhirnya jam 1 subuh aku berhasil melakukan web check in.

Catatan:
  •  Pada waktu web check in tdk diharuskan untuk meng-update data, akan lebih mudah menggunakan aplikasi Airasia (seperti aku waktu itu menggunakan tab Samsung).
  • Pembelian bagasi dan makan usahain 4-7 jam sebelum penerbangan, ini untuk menghindari jika terjadi reschedule dari airasia dan batal berangkat, karena bagasi dan makan jika sudah dibeli tidak dapat dikembalikan