Sunday, October 5, 2014

Minimarket KU dah berumur 3 tahun

Pengalaman selama 3 tahun lebih buka Toko banyak sekali kejadian-kejadian yang aku alami dari yang lucu-lucu, bikin emosi, toko dicuri anak2, kerja sendirian dan lain-lain. Tapi yang paling membekas adalah tentang 2 komputerku ya bisa dibilang lucu, bikin emosi juga. Ok kita lanjut saja.

Tokoku mempunyai 2 komputer yang aku jadikan sebagai kasir, nah 1 komputer Kasir aktif sedangkan 1 nya lagi sebagai cadangan. Setiap ada barang yang dibeli pelanggan maka akan masuk di komputer pertama, dan begitu seterusnya.


 
Nah Sering kejadian lucu begini ada 1 ibu-ibu datang belanja buku tulis dan berkata begini "ko, ini buku satu buah berapa?" dengan cepat aku menjawab "oooh itu 2.500 per buah bu" dan dengan cepat ibu itu mengambil 10 buah buku dan membawanya ke kasir, dan langsung aku layani dengan secepat mungkin menginputkan data ke komputer kasir tetapi karena bagi si ibu ini kelamaan dengan juteknya ibu itu langsung ngomong gini "ko ini harganya 25.000 lebih cepat hitungan saya daripada alat koko ini" dan waktu itu mau ketawa juga gak isa dan mau emosi juga gak bisa apalagi mau jelasin wah gak mungkin banget dah, karena itu cukuplah ketawa dalam hati dengan muka tetap tersenyum tidak rela #hehehehe...#

Kadang aku juga mempunyai prasangka buruk dengan pikiran-pikiran mereka yang belanja ditempatku, misal ada anak muda datang belanja bolpoint 4 buah seharga Rp 1500 per pcs dan tepat dikasir dengan muka gak senang karena menunggu aku menginputkan data 4 buah bolpoint itu kedalam komputer dan "mungkin" (imaginasiku saja) dia berkata begini "wah koko satu ini goblok banget ya, dulu SMA gak lulus paling masa hitung 1500 x 4 aja lama sekali, terus pakai komputer lagi hitungnya ckckck"

Pandangan bahwa 2 komputer yang aku pakai hanya sebatas dijadikan kalkulator besar adalah masih sangat banyak di daerahku, karena itu bagi mereka sangat tidak berguna aku menggunakan 2 komputer itu, buang-buang waktu saja anggapan mereka. Tetapi sebenarnya banyak manfaat yang bisa di dapat dengan menggunakan komputer antara lain: Stok terkendali, Harga bervariasi, bisa melihat trend barang, dan yang penting Laba Rugi kita bisa tau dengan jelas. Karena itu biarpun masih ada yang berpandangan negatif tentang komputer ya aku sih tetap bersabar saja, dari waktu ke waktu pasti banyak yang akan mengerti sendiri manfaat dari komputer kasir ini.




Artikel Terkait..

No comments:

Post a Comment