Monday, January 4, 2016

Cara Proses Check In Rombongan di KLIA2 yang Cepat dan Mudah

Karena kami rombongan kemarin hampir ketinggalan pesawat di KLIA2 tujuan bangkok (baca disini) karena tidak tau cara check in yang cepat dan kebetulan pada waktu aku mau check in semua konter penuh dengan antrian panjang, jadilah aku binggung dan juga aku lihat kemarin banyak yang terkena final call maupun ketinggalan pesawat hanya gara2 antrian yg membludak. 

Nah untuk check in di KLIA2 konter yang tersedia hanya terdapat 2 jenis saja yaitu konter check in (Y) dan konter drop bagasi. Aku lebih menyarankan agar agan2 sudah melakukan MOBILE CHECK IN atau WEB CHECK IN karena lebih gampang dan agan harus sudah mendapatkan barcode 2D. 

Konter W untuk Drop bagasi Airasia, suasana check in waktu pulang ke Surabaya sepi sekali





Untuk mobile check in agan tinggal download aja aplikasi airasia baik untuk android maupun iphone,  dan enaknya wifi di KLIA2 gratis jadi ini mempermudah kita untuk check in sedangkan untuk web check in agan bisa tetap menggunakan HP atau ada komputer yg disediakan oleh airasia letaknya jalan masuk ke mall nya ada 2 monitor besar berjejer disana  #sori lupa foto#.

Pertama lakukan login di aplikasi airasia dan check in untuk tiket keberangkatan agan, sampai nantinya agan akan menerima kode barcode 2D (untuk rombongan lebih dari 1 penumpang) dan khusus untuk 1 penumpang maka tidak akan mendapatkan barcode 2D tetapi melainkan langsung mendapatkan Eboarding pass, Jangan di screen capture barcode 2D ini karena terkadang susah dibaca oleh scan, nanti akan bisa di akses kembali lewat aplikasi airasia.

Jika agan mendapatkan Eboarding pass bisa langsung ke area drop bagasi jika membawa bagasi, jika tidak bisa langsung masuk menuju ke gate dengan menunjukan Eboarding pass ke petugas pintu masuk, Eboarding pass nya dari aplikasi Airasia ya jangan pakai screen capture.

Setelah sampai di area check in langsung agan2 mencari mesin SELF CHECK IN yang banyak tersebar disana seperti gambar ini.

Mesin Check In Airasia dengan scan paspport

Mesin Check in Airasia dengan Scan passport

Nah pasti banyak yang bertanya kenapa gak check in pakai mesin aja? Sesuai pengalaman aku mesin (dgn alat scan pasport)  ini cukup susah untuk melakukan check in, karena pasport agan harus di scan dan ini makan waktu banyak jika agan rombongan karena proses scan-nya sulit sekali, aku selalu gagal scan parport.

Turis2 yang kebinggunan dalam proses check in mesin, karena pada waktu scan paspport susah sekali

Nah dengan adanya Barcode 2D dari aplikasi Airasia maupun dari web check in, ini sangat berguna karena prosesnya lebih mudah sekali, caranya:
  1. Ketik kode booking di mesin terus pilih scan barcode 2D 
  2. Pada waktu mesin meminta barcode tinggal dekatkan barcode 2D yang ada di HP agan ke scan yang ada di mesin tersebut dan tunggu sampai barcode 2D terbaca.
  3. Viola boarding pass langsung tercetak
Memang kadang scan-nya sedikit susah baca barcode, tetapi coba aja semua mesin yang ada disana pasti berhasil dan ini tidak buang waktu untuk scan pasport.

Nah jika agan bawa bagasi tinggal antri di konter drop bagasi. Tetapi jika agan tidak bawa bagasi agan bisa langsung masuk menuju ke gate, dan untuk lihat gate mana, tinggal lihat di layar tengah yg gede aja #gak tau nama layar e hehe#

Layar ini menunjukan anda akan naik pesawat di gate berapa

Dan jika agan membawa bayi, maka proses check in mesin tidak dapat dilakukan di mesin, tetapi jika agan rombongan banyak maka rombongan lain tetap harus mobile atau web check in dan yang bawa infant harus check in di konter drop bagasi aja (jika bawa bagasi), jika antrian panjang minta aja potong antri bilang aja mau ketinggalan pesawat pasti dikasih kok.

Nah karena KLIA2 sangat jauh dalam hal jarak gate dan lain sebagainya aku pribadi menyarakan jika agan2 membawa orang tua harap check in minimal 4-5 jam karena kasihan mereka harus lari2, ini berdasarkan pengalaman pribadi aku yang membawa orang tua dan mereka harus lari kecil untuk mengejar pesawat. 

Artikel Terkait..

No comments:

Post a Comment